Search This Blog

Mengapa Stratosfer Banyak Digunakan Sebagai Jalur Penerbangan? Inilah Jawabannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengapa Stratosfer Banyak Digunakan Sebagai Jalur Penerbangan? Inilah Jawabannya
Jan 6th 2024, 22:21, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jelaskan Mengapa Stratosfer Banyak Digunakan Sebagai Jalur Penerbangan. Sumber: Unsplash/Kaushik Panchal
Ilustrasi Jelaskan Mengapa Stratosfer Banyak Digunakan Sebagai Jalur Penerbangan. Sumber: Unsplash/Kaushik Panchal

Jelaskan mengapa stratosfer banyak digunakan sebagai jalur penerbangan! Lapisan stratosfer banyak digunakan sebagai jalur penerbangan karena aman dan bebas dari awan.

Dikutip dari buku IPS Terpadu (Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah), Nana Supriana, (2006:181), lapisan stratosfer merupakan lapisan kedua atmosfer yang posisinya berada di atas troposfer.

Jelaskan Mengapa Stratosfer Banyak Digunakan Sebagai Jalur Penerbangan!

Ilustrasi Jelaskan Mengapa Stratosfer Banyak Digunakan Sebagai Jalur Penerbangan. Sumber: Unsplash/Isaac Chou
Ilustrasi Jelaskan Mengapa Stratosfer Banyak Digunakan Sebagai Jalur Penerbangan. Sumber: Unsplash/Isaac Chou

Stratosfer memiliki ketinggian sekitar 10-50 kilometer di atas permukaan bumi. Pada lapisan stratosfer jika semakin tinggi maka suhu juga akan semakin tinggi atau panas.

Di lapisan terbawah stratosfer suhunya bisa mencapai -60 derajat Celsius dan akan semakin panas jika semakin ke atas. Suhu ideal di stratosfer adalah 0 derajat Celsius.

Stratosfer memiliki kondisi lingkungan yang ideal bagi penerbangan karena memiliki keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh lapisan atmosfer lainnya

1. Hambatan yang Lebih Sedikit

Jelaskan mengapa stratosfer banyak digunakan sebagai jalur penerbangan? Karena statosfer memiliki beberapa keuntungan, antara lain tidak adanya hambatan seperti turbulensi, hujan, dan badai yang sering terjadi di lapisan bawah atmosfer seperti troposfer.

Hal ini akan membuat penerbangan di stratosfer lebih aman dan nyaman.

2. Kondisi Udara yang Lebih Dingin dan Kering

Selain itu, udara di stratosfer lebih dingin dan kering, sehingga mengurangi gesekan di pesawat dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Kondisi stratosfer yang sejuk juga membantu menjamin keselamatan mesin dan sistem pesawat yang sensitif terhadap suhu tinggi.

3. Pesawat Dapat Terbang Lebih Cepat

Stratosfer juga memiliki keuntungan dalam hal waktu penerbangan. Dalam stratosfer, pesawat dapat terbang lebih cepat dan lebih jauh karena tekanan udara yang lebih rendah dan kecepatan angin yang lebih besar.

Hal ini dapat mengurangi waktu perjalanan dan meningkatkan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar.

4. Radiasi Mataharinya Lebih Rendah dan Stabil

Terakhir, stratosfer memiliki radiasi matahari yang rendah dan lebih stabil dibandingkan lapisan bawah atmosfer. Hal ini penting untuk kesehatan awak pesawat dan penumpang dengan mengurangi paparan sinar ultraviolet dan juga mencegah kerusakan pada sistem navigasi dan komunikasi pesawat.

Baca Juga: Atmosfer: Pengertian, Fungsi, dan Komposisi Gasnya

Demikian penjelasan mengenai jelaskan mengapa stratosfer banyak digunakan sebagai jalur penerbangan. Dari penjelasan diatas, banyak maskapai penerbangan yang menggunakan stratosfer sebagai jalur penerbangan untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam penerbangan.(glg)

Media files:
01hke2290tewptwgvt9p8b8yt9.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts