Search This Blog

Mengenal Latihan Kekuatan dan Kelenturan Otot

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengenal Latihan Kekuatan dan Kelenturan Otot
Dec 9th 2023, 20:14, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan latihan kekuatan dan kelenturan otot. Sumber: pexels/li sun
Ilustrasi jelaskan latihan kekuatan dan kelenturan otot. Sumber: pexels/li sun

Jelaskan latihan kekuatan dan kelenturan otot! Latihan kekuatan dan kelenturan dapat digunakan untuk membangun kekuatan otot dan meningkatkan fleksibilitas tubuh manusia.

Sebelum melakukan latihan kekuatan dan kelenturan otot, penting untuk melakukan pemanasan sebelum melakukannya. Selain itu, ada beberapa teknik yang harus diikuti agar terhindar dari cedera.

Jelaskan Latihan Kekuatan dan Kelenturan Otot!

Ilustrasi jelaskan latihan kekuatan dan kelenturan otot. Sumber: pexels/jonathan borba
Ilustrasi jelaskan latihan kekuatan dan kelenturan otot. Sumber: pexels/jonathan borba

Mengutip buku Kumpulan Semua Soal Ulangan Harian dan Semesteran, Siti Nurhayati S.Pd (2015), program latihan kekuatan dan kelenturan harus direncanakan dengan baik agar dapat meningkatkan kebugaran jasmani.

Untuk itu tiga faktor utama yang harus dilakukan adalah penjadwalan latihan yang teratur, pemeliharaan alat-alat olahraga dengan baik, dan pengembangan sarana prasarana olahraga.

Adapun latihan kebugaran jasmani yang dapat dilakukan adalah latihan kekuatan otot lengan, tungkai, perut, dan bahu. Berikut ini jawaban untuk pertanyaan jelaskan latihan kekuatan dan kelenturan otot!

1. Latihan Kekuatan:

  • Squat: Latihan ini melibatkan gerakan menekuk lutut dan pinggul dengan beban pada punggung atau tangan. Ini melibatkan otot-otot paha, panggul, dan otot inti.

  • Deadlift: Latihan ini melibatkan mengangkat beban dari lantai dengan menggunakan otot-otot punggung, paha, dan otot inti.

  • Bench Press: Latihan ini melibatkan mengangkat beban dari posisi terbaring di atas bangku datar. Ini melibatkan otot-otot dada, bahu, dan lengan.

  • Pull-up: Latihan ini melibatkan mengangkat tubuh dengan tangan yang memegang bar. Ini melibatkan otot-otot lengan, punggung, dan bahu.

  • Shoulder Press: Latihan ini melibatkan mendorong beban dari posisi duduk atau berdiri ke atas kepala. Ini melibatkan otot-otot bahu, lengan, dan otot inti.

2. Latihan Kelenturan:

  • Peregangan hamstring: Berdiri dengan kaki rapat, tekuk tubuh ke depan dan coba sentuhkan jari-jari kaki dengan tangan.

  • Peregangan punggung: Berbaring telentang, tekuk lutut, dan tarik lutut ke arah dada sambil memeluknya.

  • Peregangan bahu: Rentangkan satu lengan di depan tubuh dan gunakan lengan lainnya untuk menarik lengan yang direntangkan ke arah dada.

  • Peregangan paha: Berdiri dengan kaki lebar, tekuk satu kaki ke depan dan dorong pinggul ke depan untuk merasakan peregangan di paha belakang.

  • Peregangan dada: Berdiri di depan dinding, letakkan tangan di dinding dengan siku ditekuk dan perlahan-lahan putar tubuh ke arah yang berlawanan untuk merasakan peregangan di dada.

Baca Juga: 18 Contoh Soal Kebugaran Jasmani Kelas 10 SMA

Demikian uraian jawaban dari pertanyaan untuk jelaskan latihan kekuatan dan kelenturan otot. Lakukan latihan ini secara rutin agar dapat menciptakan kebugaran jasmani pada tubuh.

(ARD)

Media files:
01hh6sak5wyhzmteagghthzsc0.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar