Search This Blog

Ciri-Ciri dan Kriteria Ceramah yang Baik

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Ciri-Ciri dan Kriteria Ceramah yang Baik
Dec 2nd 2023, 20:19, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi sebutkan kriteria ceramah yang baik! Sumber: pexels.com/Pavel Danilyuk
Ilustrasi sebutkan kriteria ceramah yang baik! Sumber: pexels.com/Pavel Danilyuk

Sebutkan kriteria ceramah yang baik! Ceramah adalah kegiatan berbicara di hadapan umum dengan topik tertentu. Ceramah memiliki ciri-ciri dan struktur yang harus diperhatikan dalam penyusunannya.

Dalam ceramah terdapat banyak informasi yang disampaikan kepada pendengar. Informasi tersebut tidak boleh disampaikan secara sembarangan tetapi perlu memenuhi kriteria ceramah yang baik.

Sebutkan Kriteria Ceramah yang Baik!

Ilustrasi sebutkan kriteria ceramah yang baik! Sumber: pexels.com/Pavel Danilyuk
Ilustrasi sebutkan kriteria ceramah yang baik! Sumber: pexels.com/Pavel Danilyuk

Mengutip buku Diskusi, Negosiasi, dan Ceramah, Apriyanto Dwi Santoso, (2018: 44), ceramah bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada pendengarnya. Oleh karena itu, penceramah harus memiliki pengetahuan yang luas dalam bidangnya serta keterampilan komunikasi yang baik.

Ceramah biasanya berisi informasi yang menarik dan bermanfaat bagi pendengarnya. Ceramah biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Biasanya disampaikan oleh seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang ilmu tertentu.

  2. Topik yang disampaikan dapat memperluas pengetahuan pendengar.

  3. Ada komunikasi dua arah antara pembicara dan pendengar berupa dialog, tanya jawab, dan diskusi.

  4. Ceramah dapat disajikan dengan menggunakan alat bantu.

Apabila diminta untuk sebutkan kriteria ceramah yang baik, berikut ini penjelasannya:

1. Terdapat Ajakan kepada Pendengar

Dalam ceramah biasanya terdapat persuasi atau ajakan untuk melakukan kebaikan kepada pendengar. Ajakan ini biasanya disampaikan pada bagian kesimpulan ceramah setelah semua argumen dan informasi dipaparkan.

2. Informasi yang Disampaikan Bersifat Aktual dan Faktual

Informasi yang disampaikan bersifat aktual artinya informasi tersebut sedang hangat dibicarakan atau disebut sebagai informasi terkini. Informasi tersebut juga bersifat faktual atau didukung dengan data-data dan fakta yang kuat dan pasti kebenarannya.

Oleh karena itu, dalam menyusun teks ceramah, penceramah juga perlu melakukan riset untuk mencari data yang dapat memperkuat argumen. Contohnya, dalam ceramah mengenai pentingnya menjaga kebersihan, penceramah dapat memaparkan data dan fakta mengenai kondisi lingkungan di Indonesia.

3. Topik yang Disampaikan Memiliki Daya Tarik

Informasi yang disampaikan penceramah bersifat menarik sehingga pendengar semakin fokus dalam menyimak ceramah. Selain topik dan informasi yang menarik, penceramah juga dapat menggunakan bahasa dan gaya berceramah yang menarik dan tidak membosankan.

4. Memiliki Kaidah Kebahasaan yang Baik

Dalam menyusun teks ceramah, penceramah harus menggunakan kaidah kebahasaan yang baik. Bahasa yang digunakan dalam menyampaikan informasi dalam ceramah bersifat padat dan mudah dimengerti agar pendengar dapat memahami isi ceramah dengan baik.

Baca juga: Apa Tujuan dari Memberikan Ceramah?

Ulasan di atas adalah jawaban dari pertanyaan sebutkan kriteria ceramah yang baik. Semoga penjelasan ini dapat menjadi referensi dalam penyusunan teks ceramah yang baik dan benar dalam Bahasa Indonesia. (IND)

Media files:
01hgmj68byxkeb93drcpeearh4.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar