Search This Blog

Penjelasan Tata Cara Membuat Magnet dengan Cara Menggosok dalam Fisika

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penjelasan Tata Cara Membuat Magnet dengan Cara Menggosok dalam Fisika
Nov 11th 2023, 18:49, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jelaskan Cara Membuat Magnet dengan Cara Menggosok! (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Jelaskan Cara Membuat Magnet dengan Cara Menggosok! (Sumber: Pixabay)

Suatu magnet besar tersusun atas magnet-magnet kecil yang disebut dengan magnet elementer. Pada besi atau baja magnet, magnet elementer tersusun secara beraturan. Jelaskan cara membuat magnet dengan cara menggosok!

Magnet dapat dibuat dengan tiga cara, yaitu dengan cara menggosok, mengalirkan arus listrik, dan induksi. Proses pembuatan magnet dengan cara menggosok dilakukan dengan cara menggosokkan magnet dalam satu arah menggunakan sebuah magnet batang.

Jelaskan Cara Membuat Magnet dengan Cara Menggosok!

Ilustrasi Jelaskan Cara Membuat Magnet dengan Cara Menggosok! (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Jelaskan Cara Membuat Magnet dengan Cara Menggosok! (Sumber: Pixabay)

Kata magnet diambil dari kata Magnesia, yaitu nama suatu daerah di Asia Kecil, tempat di mana orang-orang Yunani menemukan sifat magnetik dari mineral magnetik pada tahun 600 SM. Dikutip dari buku Seri Sains Teori dan Aplikasi Fisika SMP Kelas IX, Budi Prasodjo, dkk (2006: 123), magnet dapat dibuat dari bahan besi, baja, dan campuran logam lainnya serta telah banyak dimanfaatkan untuk perangkat elektronika, seperti bel listrik, telepon, dan mikrofon.

Magnet terdiri atas magnet-magnet kecil yang mengarah ke arah yang sama. Pada logam bukan magnet, magnet elementer memiliki arah sembarangan sehingga efeknya saling meniadakan dan mengakibatkan tidak adanya kutub-kutub di ujung logam.

Setiap magnet memiliki dua kutub magnet, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kekuatan sifat kemagnetan yang paling besar berada pada kutub-kutub magnet. Berikut adalah tata cara membuat magnet dengan cara menggosok:

  1. Magnet besi dan magnet baja dapat dibuat dengan menggosok dalam satu arah menggunakan sebuah magnet batang.

  2. Apabila menggosokkan ujung magnet batang permanen ke sepanjang permukaan batang besi atau baja dengan satu arah saja, maka kutub magnet yang dihasilkan pada ujung terakhir penggosok selalu berlawanan dengan kutub ujung magnet penggosoknya.

  3. Pada ujung gosokan, magnet permanen diangkat tinggi-tinggi di atas bahan yang dibuat magnet agar kemagnetannya tidak menjadi lemah.

Baca juga: 2 Jenis Kutub Magnet beserta Pengertian dan Sifatnya

Sifat kemagnetan dapat dilihat apabila magnet dipukul dengan palu, dipanaskan atau dibakar, dan dialiri arus bolak-balik. Demikian jawaban dari pertanyaan terkait jelaskan cara membuat magnet dengan cara menggosok. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan! (CHL)

Media files:
01heygw5e286477z84t5f27mek.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar