Search This Blog

Memahami Saka yang Bergerak dalam Bidang Kelautan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Memahami Saka yang Bergerak dalam Bidang Kelautan
Nov 18th 2023, 18:36, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Saka yang Bergerak dalam Bidang Kelautan. (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Saka yang Bergerak dalam Bidang Kelautan. (Sumber: Pixabay)

Satuan Karya Pramuka (saka) merupakan wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat, dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Terdapat berbagai jenis saka dengan keahlian dan bidangnya masing-masing. Saka yang bergerak dalam bidang kelautan disebut dengan bahari.

Pada dasarnya, saka diperuntukkan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega atau para pemuda usia antara 16-25 tahun dengan syarat khusus. Setiap saka memiliki beberapa krida yang masing-masing mengkhususkan pada sub-bidang ilmu tertentu.

Mengenal Saka yang Bergerak dalam Bidang Kelautan

Ilustrasi Saka yang Bergerak dalam Bidang Kelautan. (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Saka yang Bergerak dalam Bidang Kelautan. (Sumber: Pixabay)

Sebelumnya artikel ini menjelaskan bahwa setiap saka bergerak dengan krida atau bidangnya masing-masing. Dikutip dari buku Panduan Wajib Pramuka Superlengkap (2022: 51), setiap krida memiliki syarat kecakapan khusus untuk memperoleh tanda kecakapan khusus kelompok kesatuan karyaan yang dapat diperoleh pramuka yang bergabung dengan saka tertentu.

Saka juga memiliki kegiatan khusus yang disebut dengan Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka (Pertisaka) yang dilaksanakan oleh setiap saka. Sementara kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama lebih dari satu saka disebut dengan Perkemahan Antar satuan Karya Pramuka (Peransaka).

Saka yang bergerak dalam bidang kelautan disebut dengan bahari. Saka bahari adalah wadah bagi pramuka yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata, produktif, dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa cinta dan menumbuhkan sikap hidup yang berorientasi kebaharian, termasuk laut dan perairan dalam.

Pembinaan saka bahari bekerja sama dengan pihak TNI AL, profesional di bidang olahraga air, Kementerian Pariwisata, dan Kementerian Kelautan. Umumnya saka bahari hanya berada di wilayah yang memiliki potensi di bidang bahari. Berikut adalah krida-krida dalam saka bahari:

  1. Krida sumber daya bahari

  2. Krida jasa bahari

  3. Krida wisata bahari

  4. Krida reksa bahari

Selain saka bahari, terdapat juga jenis-jenis saka lainnya, seperti saka dirgantara, saka bhayangkara, saka bakti husada, saka keluarga berencana, saka taruna bumi, saka wanabakti, saka wira kartika, saka kalpataru, saka bina sosial, saka kerohanian, saka panduwisata, saka pekerjaan umum, saka pustaka, saka teknologi, dan saka telematika.

Baca juga: Saka Wira Kartika Pramuka: Pengertian, Tujuan, dan Kegiatannya

Demikian penjelasan mengenai saka bahari, saka yang bergerak dalam bidang kelautan. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan! (CHL)

Media files:
01hfgs0ryy8fpe208w9ppg2b24.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts