Search This Blog

Konsep-Konsep Terkait Pembangunan Berkelanjutan Indonesia yang Perlu Diketahui

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Konsep-Konsep Terkait Pembangunan Berkelanjutan Indonesia yang Perlu Diketahui
Nov 18th 2023, 20:02, by Berita Terkini, Berita Terkini

Tuliskan konsep-konsep terkait pembangunan berkelanjutan. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Iva Rajović
Tuliskan konsep-konsep terkait pembangunan berkelanjutan. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Iva Rajović

Tuliskan konsep-konsep terkait pembangunan berkelanjutan di Indonesia! Pembangunan berkelanjutan adalah proses pembangunan dengan prinsip memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan keperluan generasi mendatang.

Pembangunan berkelanjutan diharapkan mampu menjadi solusi atas masalah lingkungan yang terjadi akhir-akhir ini. Dengan pembangunan berkelanjutan, generasi mendatang tetap bisa menikmati hidup yang layak.

Tuliskan Konsep-Konsep Terkait Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia!

Tuliskan konsep-konsep terkait pembangunan berkelanjutan. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Karsten Würth
Tuliskan konsep-konsep terkait pembangunan berkelanjutan. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Karsten Würth

Tuliskan konsep-konsep terkait pembangunan berkelanjutan! Pembangunan yang dilakukan berkelanjutan mampu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Kesejahteraan itulah yang menjadi salah satu konsep pembangunan berkelanjutan.

Selain konsep tersebut masih ada konsep lainnya yang diusung. Misalnya pembangunan yang dilakukan mampu mempertahankan atau menjaga kualitas hidup manusia baik masa kini maupun masa depan.

Pembangunan berkelanjutan juga memanfaatkan SDA dengan sebaik-baiknya agar tidak boros dan merusak lingkungan. Konsep terakhir mengelola SDA dengan baik dan bisa digunakan di masa mendatang.

Dikutip dari buku Pembangunan berkelanjutan, Brata (1992: 190), pembangunan brkelanjutan merupakan model pembangunan konvensional. Selama ini moel ini dipraktekkan dan tidak menimbulkan merusak lingkungan.

Konsep dari pembangunan berkelanjutan dibahas pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Bumi pada tahun 1992 dan menghasilkan dua gagasan penting dari konsepnya. Berikut penjelasannya.

  1. Gagasan kebutuhan yang mengedepankan kesejahteraan dan kebutuhan atas kaum miskin

  2. Gagasan keterbatasan karena setiap sumber daya alam mempunyai batasan porsinya masing-masing dan tidak bisa dieksploitasi secara terus menerus karena harus disakan untuk masa yang akan datang bagi anak dan cucu Anda.

Berbeda lagi halnya dengan Kementrian Lingkungan Hidup yang menyampaikan bahwa konsep dari pembangunan berkelanjutan mempunyai orientasi pada ekonomi. Di bawah ini merupakan konsep yang disampakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup.

  1. Tidak boleh adanya pemborosan dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

  2. Tidak boleh membuat dampak negatif terhadap lingkungan

  3. Kegiatan pembangunan yang ada harus bisa meningkatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Pembangunan yang berkelanjutan mempunyai sebuah indikator sebagai standar yang digunakan untuk menjadi acuan dalam perjalanannya. Proses pembangunan yang dilakukan harus selalu mengikuti indikator tersebut.

Baca juga: Pembahasan 3 Peran Indonesia dalam Organisasi MEA secara Global

Itulah jawaban atas pertanyaan, "Tuliskan konsep-konsep terkait pembangunan berkelanjutan!". Semoga dengan penjelasan tersebut para pembaca lebih memahami tentang konsep tersebut. (Gin)

Media files:
01hfh03fcd5v5nr08w72ttz94k.png (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts