Search This Blog

Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah untuk Mengembangkan Investasi

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah untuk Mengembangkan Investasi
Nov 11th 2023, 18:39, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan kebijakan apa yang dapat dilakukan pemerintah pusat dan daerah dalam mengembangkan investasi untuk kesejahteraan masyarakat, sumber foto: unsplash.com/Alexander Mils
Ilustrasi jelaskan kebijakan apa yang dapat dilakukan pemerintah pusat dan daerah dalam mengembangkan investasi untuk kesejahteraan masyarakat, sumber foto: unsplash.com/Alexander Mils

Investasi adalah salah atau faktor penting yang mendorong pertumbuhan ekonomi. Coba jelaskan kebijakan apa yang dapat dilakukan pemerintah pusat dan daerah dalam mengembangkan investasi untuk kesejahteraan masyarakat?

Secara umum ada berbagai kebijakan yang bisa dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah perihal investasi. Salah satunya adalah melalui berbagai undang-undang yang mendukung proses investasi.

Jelaskan Kebijakan Apa yang Dapat Dilakukan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Mengembangkan Investasi untuk Kesejahteraan Masyarakat?

Ilustrasi jelaskan kebijakan apa yang dapat dilakukan pemerintah pusat dan daerah dalam mengembangkan investasi untuk kesejahteraan masyarakat, sumber foto: unsplash.com/Austin Distel
Ilustrasi jelaskan kebijakan apa yang dapat dilakukan pemerintah pusat dan daerah dalam mengembangkan investasi untuk kesejahteraan masyarakat, sumber foto: unsplash.com/Austin Distel

Dikutip dari buku Dasar-dasar Manajemen Investasi, Nila Firdausi dan Ferina Nurlaily, (2020) investasi adalah kesedian investor untuk mengalokasikan uang dalam nilai tertentu di masa sekarang guna memperoleh penerimaan di masa yang akan datang.

Investasi merupakan salah satu faktor penting yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Namun, investasi di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, seperti ketidakpastian hukum, birokrasi, perizinan, pajak, dan ketenagakerjaan.

Berhubungan dengan hal tersebut, coba jelaskan kebijakan apa yang dapat dilakukan pemerintah pusat dan daerah dalam mengembangkan investasi untuk kesejahteraan masyarakat?

Sebenarnya ada beberapa kebijakan yang telah dilakukan oleh pemerintah pusat dan juga daerah untuk masalah investasi. Berikut adalah beberapa contohnya.

1. Kebijakan Pemerintah Pusat

Berikut ini beberapa kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah pusat terkait dengan masalah investasi.

  • Menerbitkan paket kebijakan ekonomi sejak 2015, yang berisi berbagai kemudahan dan insentif bagi investor, seperti layanan perizinan investasi, penyederhanaan perizinan pembelian, penyesuaian tarif pajak dan retribusi daerah, dan lain-lain.

  • Menerbitkan daftar negatif investasi (DNI) yang mengatur sektor-sektor bisnis yang terbuka atau tertutup bagi investor asing.

  • Menyusun UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang bertujuan untuk menyederhanakan regulasi, meningkatkan daya saing, dan mempercepat proses perizinan.

  • Menyusun RPP Lembaga Pengelola Investasi (LPI) yang bertujuan untuk mengelola dana investasi dari luar negeri dan dalam negeri sebagai sumber pembiayaan dan mengurangi ketergantungan dana jangka pendek.

2. Kebijakan Pemerintah Daerah

Berikut ini kebijakan pemerintah daerah terkait dengan urusan investasi.

  • Menyelaraskan kebijakan pajak dan retribusi daerah dengan kebijakan pusat, sehingga tidak memberatkan atau menghambat investor.

  • Meningkatkan kualitas pelayanan publik, termasuk dalam hal perizinan, pengawasan, fasilitas, dan infrastruktur.

  • Mendorong sinergi antara pemerintah daerah dengan pihak swasta, akademisi, komunitas, dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengembangkan potensi daerah.

  • Menjaga stabilitas sosial dan politik di daerah, serta mencegah konflik atau gangguan keamanan yang dapat merugikan investor.

Baca juga: Alasan Indonesia Disebut Negara Maritim dan Agraris

Itulah ulasan mengenai jawaban dari pertanyaan jelaskan kebijakan apa yang dapat dilakukan pemerintah pusat dan daerah dalam mengembangkan investasi untuk kesejahteraan masyarakat. (WWN)

Media files:
01heyekbrwsvnmp5astqhpkf4r.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar