Search This Blog

Israel Serang Sekolah PBB di Gaza Utara, 50 Pengungsi Tewas

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Israel Serang Sekolah PBB di Gaza Utara, 50 Pengungsi Tewas
Nov 19th 2023, 04:26, by Ochi Amanaturrosyidah, kumparanNEWS

Warga Palestina bereaksi menyusul serangan di sekolah milik PBB yang menampung para pengungsi, di kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza utara, Sabtu (4/11/2023). Foto: Anas al-Shareef/REUTERS
Warga Palestina bereaksi menyusul serangan di sekolah milik PBB yang menampung para pengungsi, di kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza utara, Sabtu (4/11/2023). Foto: Anas al-Shareef/REUTERS

Militer Israel kembali membombardir sekolah PBB di Gaza utara, Sekolah Al-Fakhoora, yang dijadikan kamp pengungsi, Sabtu (18/11) waktu setempat atau Minggu (19/11) dini hari. Akibat serangan ini, setidaknya 50 orang warga Palestina yang mengungsi tewas.

Komisaris Jenderal UNRWA (organisasi PBB untuk pengungsi Palestina), Philippe Lazzarini, mengutuk keras serangan ini. Ia juga mengaku telah menerima laporan bersama dengan rekaman mengerikan saat penyerangan itu terjadi.

"Saya telah melihat gambar dan rekaman mengerikan dari sejumlah orang yang terbunuh dan terluka," ucap Lazzarini dilansir Reuters, Minggu (19/11).

"Serangan-serangan ini tidak bisa menjadi hal biasa. Mereka harus dihentikan. Gencatan senjata kemanusiaan tidak bisa ditunda lebih lama lagi," tegasnya melalui akun X miliknya.

Pihak militer Israel, menurut laporan Reuters, belum menanggapi soal ini.

Ini bukan serangan pertama Israel di Sekolah Al-Fakhoora. Pada 9 Oktober lalu, Israel sudah melancarkan serangan udara di sekolah ini. Padahal sekolah yang dibangun oleh PBB ini menjadi tempat pengungsian bagi ribuan warga yang sebagian besar merupakan anak-anak, perempuan, dan lansia.

Pada 4 November 2023, tentara Israel juga meluncurkan serangan bom di Sekolah Al-Fakhoora dan menewaskan 15 orang pengungsi. Di antara para korban tewas itu, ada anak-anak dan perempuan.

Dalam perang Gaza 2009 lalu, tepatnya pada 6 Januari 2009, militer Israel juga menyerang sekolah yang digunakan oleh mayoritas warga Gaza utara untuk mencari perlindungan setelah "diusir" oleh tentara Israel dari rumah mereka. Akibat serangan ini 40 orang tewas.

Media files:
01hed3b2sgch588qg82pxxjmgf.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar