Search This Blog

Fungsi Pencantuman Kode Pos pada Alamat dan Pengiriman

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Fungsi Pencantuman Kode Pos pada Alamat dan Pengiriman
Nov 11th 2023, 18:15, by Berita Terkini, Berita Terkini

 Ilustrasi Apa  Fungsi Pencantuman Kode Pos. Sumber: Foto Unsplash/Joanna Kosinska
Ilustrasi Apa Fungsi Pencantuman Kode Pos. Sumber: Foto Unsplash/Joanna Kosinska

Pernahkah bertanya apa fungsi pencantuman kode pos pada alamat dan pengiriman? Setiap kali melakukan pengiriman dokumen atau pengiriman barang, pasti akan diminta untuk mencantumkan kode pos untuk melengkapi alamat tujuan.

Berdasarkan buku Smart IELTS: Listening, Reading, Writing, & Speaking, Nanno Suharno, (2020:34), di Indonesia, kode pos merupakan simbol numerik tidak ada abjadnya. Namun, di beberapa negara, ada yang menggunakan gabungan angka dan abjad.

Apa Fungsi Pencantuman Kode Pos?

  Ilustrasi Apa  Fungsi Pencantuman Kode Pos. Sumber: Foto Unsplash/Kelly Sikkema
Ilustrasi Apa Fungsi Pencantuman Kode Pos. Sumber: Foto Unsplash/Kelly Sikkema

Pengertian kode pos merupakan kumpulan angka yang ditambahkan pada penulisan alamat paket atau surat dengan tujuan guna memudahkan proses pemilihan surat. Di negara lain, kode pos sering dikenal dengan sebutan ZIP code atau portal code.

Lantas, apa fungsi pencantuman kode pos pada alamat dan pengiriman?

1. Memudahkan Penyortiran Paket

Fungsi pertama pencantuman kode pos adalah untuk memudahkan penyortiran paket. Sebelum dikirimkan ke alamta tujuan, setiap paket akan masuk ke dalam ruang penyortiran terlebih dahulu.

Adapun tujuan dari ruang penyortiran ini, yaitu mengelompokkan paket berdasarkan wilayah sehingga dapat mempercepat kinerja kurir dalam pengiriman paket. Dengan adanya kode pos yang dicantumkan pada setiap paket, maka akan memudahkan petugas sortir ketika memilah paket tersebut.

2. Meminimalisir Kesalahan Alamat

Fungsi selanjutnya, yaitu untuk meminimalisir kesalahaan alamat dalam proses pengiriman. Fungsi kode pos tidak hanya berhenti sampai penyortiran saja, tetapi masih berlanjut pada proses pengiriman.

Paket dengan kode pos yang sama memang tentu akan dikirimkan secara bersamaan, akan tetapi setiap paket tersebut pasti mempunyai penerima yang berbada-beda.

Dengan adanya kode pos pada alamat tujuan, akan memudahkan kurir untuk mengenali banyaknya nama desa dan bahkan nama jalan yang sama. Dengan begitu, alamat tujuan akan mudah ditemukan.

3. Memberikan Gambaran Biaya

Fungsi terakhir adanya pencantuman kode pos pada alamat tujuan pengiriman, yaitu untuk melihat berapa biaya yang dibutuhkan untuk pengiriman di alamat tujuan. Karena dalam kode pos tersebut sudah memuat wilayah, kota provinsi, dan kecamatan.

Baca juga: Pengertian Barcode Lengkap dengan Fungsinya

Demikianlah penjelasan dari apa fungsi pencantuman kode pos. Pastikan untuk menuliskan alamat tujuan dengan benar beserta kode pos, agar paket bisa sampai ke alamat yang benar. (Adm)

Media files:
01heynmg46yt1rdpm0ykpgej2s.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar