Search This Blog

Sejarah Isi dan Makna Sumpah Pemuda pada 28 Oktober

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sejarah Isi dan Makna Sumpah Pemuda pada 28 Oktober
Oct 28th 2023, 07:00, by Berita Terkini, Berita Terkini

 Ilustrasi Sejarah Isi dan Makna Sumpah Pemuda. Sumber: Foto Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Sejarah Isi dan Makna Sumpah Pemuda. Sumber: Foto Unsplash/Mufid Majnun

Sejarah isi dan makna Sumpah Pemuda harus dipahami para siswa sebagai pembelajaran. Ikrar Sumpah Pemuda diucapkan pada Kongres Pemuda II, tanggal 28 Oktober 1928.

Sumpah pemuda merupakan momentum yang berpengaruh terhadap perjalanan bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda menjadi salah satu bukti perjuangan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Sejarah Isi dan Makna Sumpah Pemuda

  Ilustrasi Sejarah Isi dan Makna Sumpah Pemuda. Sumber: Foto Unsplash/Bisma Mahendra
Ilustrasi Sejarah Isi dan Makna Sumpah Pemuda. Sumber: Foto Unsplash/Bisma Mahendra

Berikut merupakan sejarah isi dan makna Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Dengan memahami sejarah dan makna Sumpah Pemuda, siswa dapat menanamkan jiwa patriolisme agar selalu membela bangsa Indonesia.

Sejarah Isi Sumpah Pemuda

Berdasarkan buku Sejarah Hukum Indonesia, Sutan Sjahdeini, (2021:25), Sumpah Pemuda adalah janji para pemuda yang diucapkan saat Kongres Pemuda II di Jakarta, pada tanggal 28 Oktober 1928.

Pada tahun 1908, rakyat Indonesia mulai memiliki kesadaran untuk bersatu melawan penjajah. Di berbagai wilayah, pemuda Indonesia mulai membentuk perkumpulan dan menentang penjajah.

Hingga pada akhirnya tercetuslah Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928. Namun dua tahun sebelumnya, telah dilakukan terlebih dahulu Kongres Pemuda I yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 30 April sampai 2 Mei 1926.

Sayangnya, Kongres Pemuda I diakhiri tanpa hasil yang memuaskan bagi semua pihak karena masih adanya perbedaan pandangan. Setelah itu, digelar lagi beberapa pertemuan demi menemukan kesatuan pemikiran.

Maka, disepakati bahwa akan segera diselenggarakan Kongres Pemuda II. Kongres Pemuda II dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat sehingga menghasilkan Sumpah Pemuda, dengan isi:

"Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia".

"Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia".

"Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia".

Makna Sumpah Pemuda

Berdasarkan buku Explore Sejarah Indonesia Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI, Dr. Abdurrakhman, dkk., (2019:113), Sumpah Pemuda mempunyai beberapa makna.

  • Pertama, Sumpah Pemuda merupakan tonggak sejarah pergerakan para pemuda Indonesia dalam perjuangan bersama melawan penjajah.

  • Kedua, Sumpah Pemuda merupakan sarana untuk mempersatukan seluruh organisasi kepemudaan dan para pemuda Indonesia yang awalnya bercorak kedaerahan menjadi berjiwa nasionalis.

  • Ketiga, Sumpah Pemuda merupakan keputusan penting yang memberikan arah baru dan membangkitkan semangat kebangsaan dalam menentang penjajahan.

  • Keempat, Sumpah Pemuda merupakan komitmen perjuangan rakyat sampai berhasil mencapai Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

  • Kelima, Sumpah Pemuda merupakan manifestasi atau perwujudan semangat persatuan nasional yang mendorong tercapainya kemerdekaan bangsa Indonesia.

  • Keenam, Sumpah Pemuda merupakan kebulatan tekad yang mencerminkan rasa cinta para pemuda terhadap tanah air dan bangsanya, yaitu Indonesia.

Baca juga: Nilai Utama yang Dapat Dipetik dari Peristiwa Sumpah Pemuda

Demikianlah sejarah isi dan makna Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober, yang dapat dijadikan bahan pembelajaran siswa untuk selalu membela bangsa Indonesia. (Adm)

Media files:
01hdsj14sep7szjnjp3s8vys70.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar