Search This Blog

Jangan Disimpan! Ini Pentingnya Buang Stiker Bagasi di Koper Usai Traveling

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jangan Disimpan! Ini Pentingnya Buang Stiker Bagasi di Koper Usai Traveling
Oct 29th 2023, 08:56, by Gitario Vista Inasis, kumparanTRAVEL

Ilustrasi traveler yang menggunakan koper berwarna hitam. Foto: Vitalii Stock/Shutterstock
Ilustrasi traveler yang menggunakan koper berwarna hitam. Foto: Vitalii Stock/Shutterstock

Tak sedikit traveler yang memilih menyimpan stiker atau tag bagasi usai traveling. Alasan mereka menyimpan stiker tersebut biasanya agar 'terlihat' keren, karena bisa pergi traveling ke banyak tempat. Enggak hanya itu, ada juga yang membiarkannya sebagai kenang-kenangan dari destinasi yang pernah dikunjungi.

Namun, hentikan kebiasaanmu itu mulai sekarang. Sebab, ada alasan kenapa kamu harus membuang stiker atau tag bagasimu tersebut.

Dilansir Reader Digest, seorang petugas Bandara Internasional Ontario di Kanada, mengatakan bahwa salah satu penyebab banyaknya koper yang salah jalan atau tersasar ke destinasi lain disebabkan oleh kegagalan mesin sortir bagasi di bandara.

Ilustrasi stiker di koper. Foto: Shutterstock
Ilustrasi stiker di koper. Foto: Shutterstock

Dalam video yang dibagikan akun TikTok @flyontairport, seorang petugas bandara menjelaskan masalah besar ketika kamu tidak membuang stiker bagasi. Ia pun memberikan contoh seseorang yang melakukan penerbangan ke Amerika, lalu setelahnya ke tempat lainnya.

"Misalnya kamu terbang ke Amerika, dan sebulan kemudian, terbang ke arah Barat Daya. Ada stiker kecil yang memberi tahu komputer bahwa ia harus ditempatkan di sana," ungkap petugas tersebut.

"Jadi, jika stiker Amerika kamu yang sebelumnya ada di sana, ada kemungkinan stiker itu akan dipindai dan bukan yang terbarunya. Hasilnya, tas kamu tidak dibawa ke dalam penerbangan dan malah berakhir di pusat bagasi yang tidak diklaim maskapai, sebelum akhirnya berada ke bagian lost and found bandara," tambahnya.

Ilustrasi packing dengan koper. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi packing dengan koper. Foto: Shutter Stock

Stiker lama itu juga berkaitan dengan maskapai penerbangan yang kamu terbangi sebelumnya, yang dapat memperumit masalah.

Sebagai contoh dalam video, jika kamu sekarang terbang ke arah Barat Daya, namun stiker lamamu bertuliskan Amerika, kopermu mungkin berakhir di terminal Amerika, sehingga lebih sulit untuk melacak tasmu yang hilang.

Pertanyaannya, apa sih informasi yang terkandung pada stiker atau tag bagasi tersebut?

Informasi di Stiker Bagasi

@flyontairport

Pro Tip: If you dont want your bags to get lost when traveling… remove old stickers from past trips off your luggage. #FlyONT #SoCalSoEasy

♬ Sunshine - WIRA

Banyak informasi spesifik yang memastikan tasmu bisa sampai di tempat tujuan. Nah, semua informasi ini tersimpan di stiker bagasi.

Stiker bagasi berisi barcode yang menghubungkan tas tersebut ke masing-masing traveler, mulai dari tiket pesawat, maskapai penerbangan yang digunakan, serta detail penerbangan lain seperti waktu dan tanggal perjalananmu.

Meskipun tujuan awalnya adalah untuk memberikan informasi cadangan jika tag utama rusak atau hilang, kode batang pada stiker dapat dipindai untuk mendapatkan detail tentang kopermu atau mencetak ulang tag utama jika diperlukan.

Ilustrasi koper.   Foto: Shutterstock
Ilustrasi koper. Foto: Shutterstock

Stiker ini biasanya dipindai terlebih dahulu oleh pihak maskapai saat memeriksa tasmu, kemudian oleh petugas bagasi sepanjang perjalananmu, sehingga mereka tahu ke mana harus mengarahkannya.

Meskipun orang pertama memindai tag yang benar, orang kedua mungkin memindai stiker yang lain dan kekacauan dapat terjadi. Nah, inilah alasan kenapa kamu harus membuang stiker atau tag bagasi sebelumnya. Bagaimana menurutmu?

Media files:
01hcxyb2vhnyx4p6h0va46n9ny.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar