Search This Blog

Pentingnya Manajemen SDM sebagai Penambah Nilai Perusahaan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pentingnya Manajemen SDM sebagai Penambah Nilai Perusahaan
Sep 17th 2023, 09:51, by ODJIE SAMROJI, ODJIE SAMROJI

Foto : Ilustasi Kerjasama [pixabay.com]
Foto : Ilustasi Kerjasama [pixabay.com]

Sumber daya manusia adalah salah satu bagian paling penting agar sebuah bisnis atau perusahaan dapat berjalan dengan baik. Jika elemen sumber daya manusia tidak dimiliki, atau kualitasnya yang kurang baik, perusahaan akan sulit untuk berjalan dan beroperasi dengan semestinya meski sumber daya yang lain telah terpenuhi.

Saat ini manajemen sumber daya manusia bukan hanya berperan sebagai fungsi administrasi, namun telah bergeser sebagai asset bagi perusahaan, bukan hanya itu, sumber daya manusia harus dikelola menjadi nilai (human value management) agar tujuan organisasi bisa tercapai secara optimal.

Pengaplikasian manajemen SDM memiliki dampak yang cukup besar pada kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai. Tanpa memiliki manajemen SDM yang baik, bukan tidak mungkin tujuan perusahaan akan menjadi sia-sia dan sulit untuk bisa dicapai.

Alasan mengapa manajemen SDM penting untuk dimiliki oleh sebuah perusahaan atau organisasi adalah melalui kegiatan tersebut, perusahaan mampu menciptakan keseimbangan internal perusahaan. Keseimbangan internal tersebut mencakupi tujuan, sasaran, serta aktivitas dari berbagai pihak yang ada dalam perusahaan tersebut.

Staf Pengajar Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Nurhidayati, SE., M.Si., Ph.D dalam paparan materinya menyampaikan tentang pentingnya peran manajemen SDM sebagai partner strategi dalam memajukan organisasi mencapai visi dan misi. Bukan hanya itu, manajemen sumberdaya manusia akan melahirkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan (sustainable competitive advantage). Maka agar sumberdaya dapat mencapai keunggulan tersebut, ada karakter yang harus dimiliki, syarat karakter ini disebut dengan istilah VRIO (Value Rare Inimitable Organization).

Selanjutnya Nurhidayati, SE., M.Si., Ph.D menyampaikan bahwa saat ini peran manajemen sumber daya manusia telah bergeser dari Human Capital Management mejadi Human Value Management. Hal ini menjadikan adanya timbal balik antara karyawan dan perusahaan sebagai hubungan yang saling membutuhkan.

Sehingga cara pandang perusahaan terhadap SDM bukan hanya sekadar sebagai asset bagi perusahaan tapi Manajemen SDM memiliki nilai bagi perusahaan yang menambah keunggulan bagi perusahaan.

Manajemen SDM dan Teori Human Capital

Ilustrasi meeting.   Foto: Shutterstock
Ilustrasi meeting. Foto: Shutterstock

Hadirnya nilai bagi Manajemen SDM selaras dengan Teori Human Capital (HC). Secara definisi, Human Capital dapat diartikan sebagai modal manusia, di mana modal manusia ini adalah kumpulan aspek pengetahuan, keahlian, kemampuan hingga keterampilan apa saja yang membentuk seorang manusia sebagai aset dalam perusahaan tersebut.

Dalam teori ini juga menyebutkan bahwa pendidikan adalah bagian penting dalam meningkatkan nilai sumber daya manusia. Pendidikan akan berperan penting dalam meningkatkan individu SDM, maupun pertumbuhan organisasi.

Dan pada akhirnya nantinya akan menjadi nilai tambah untuk perusahaan untuk melaksanakan operasional setiap hari lewat pemberian motivasi, kompetensi, juga kerja sama antar tim. Kontribusi dari pekerja bisa berbentuk pengembangan skill karyawan.

Dengan pengembangan manajemen sumber daya manusia tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produktivitas perusahaan, pemindahan pengetahuan yang ada dalam pekerja ke perusahaan, serta perubahan budaya dalam perusahaan itu sendiri.

Media files:
01gjabzvs4rgkq43bv2dajsntp.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar