Search This Blog

Penjelasan Sejarah Lahirnya Sosiologi Akibat Revolusi Industri

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penjelasan Sejarah Lahirnya Sosiologi Akibat Revolusi Industri
Sep 23rd 2023, 18:56, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jelaskan Sejarah Lahirnya Sosiologi. Sumber: Unsplash/Clarisse Meyer
Ilustrasi Jelaskan Sejarah Lahirnya Sosiologi. Sumber: Unsplash/Clarisse Meyer

Jelaskan sejarah lahirnya sosiologi! Sosiologi merupakan salah satu ilmu yang ada dalam rumpun Ilmu Sosial. Sosiologi mulai dipelajari pada saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas.

Ilmu sosiologi tidak muncul begitu saja. Ilmu sosiologi ternyata lahir akibat dari suatu peristiwa yang sangat bersejarah bagi dunia.

Jawaban Jelaskan Sejarah Lahirnya Sosiologi

Ilustrasi Jelaskan Sejarah Lahirnya Sosiologi. Sumber: Unsplash/Jez Timms
Ilustrasi Jelaskan Sejarah Lahirnya Sosiologi. Sumber: Unsplash/Jez Timms

Jelaskan sejarah lahirnya sosiologi! Sosiologi merupakan rumpun ilmu sosial yang mempelajari masyarakat dan juga perilaku manusia yang berada di dalamnya. Ilmu sosiologi mempelajari tentang berbagai aspek di dalam kehidupan sosial.

Contohnya adalah mempelajari struktur sosial, interaksi sosial, hingga organisasi sosial. Sosiologi yang ada saat ini ternyata memiliki sejarah yang sangat panjang.

Sosiologi lahir karena adanya revolusi Industri di Eropa, khususnya Inggris pada abad ke-18. Peristiwa revolusi industri yang terjadi di Inggris membawa berbagai perubahan besar pada masyarakat.

Adanya perkembangan teknologi serta produksi menyebabkan meningkatnya populasi dan kepadatan penduduk di berbagai kota besar. Hal itu kemudian menyebabkan berbagai perubahan pada kehidupan sosial di masyarakat.

Kemiskinan, urbanisasi, hingga ketidaksetaraan menjadi salah satu dampak dari adanya revolusi industri. Kondisi yang memprihatinkan tersebut memunculkan banyak pemikiran kritis. Pemikiran kritis tersebutlah yang melahirkan Ilmu Sosiologi.

Salah satu tokoh yang memiliki pemikiran kritis tersebut adalah Auguste Comte. Dikutip dari buku Sosiologi: Memahami dan Mengkaji Masyarakat untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Murdiyatmoko (2007), Comte adalah orang pertama yang mengusulkan pemberian istilah sosiologi terhadap keseluruhan pengetahuan manusia tentang kehidupan bermasyarakat.

Istilah tersebut diperkenalkan pada tahun 1838. Sebagai seorang filsuf, Comte berpendapat bahwa sosiologi harus menjadi ilmu yang dapat menjelaskan kehidupan sosial manusia. Hal itu agar dapat membantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut, Comte memandang jika ilmu sosiologi ini berdasarkan pada pengalaman empiris serta hasil dari observasi. Tidak hanya memperkenalkan istilah sosiologi, Comte juga mengembangkan pemikiran bernama teori evolusi sosial.

Auguste Comte kemudian disebut sebagai Bapak Sosiologi. Selain Comte, terdapat tokoh sosiologi lainnya seperti Herbert Spencer dan juga Emile Durkheim. Berkat pemikiran para tokoh tersebut, akhirnya sosiolog berkembang pesat di sunia.

Baca juga: Pengertian Sosiologi secara Etimologis beserta Bidang Kajiannya

Itu tadi adalah jawaban dari soal "jelaskan sejarah lahirnya sosiologi". Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. (FAR)

Media files:
01hb0p64t9sv8a8q14ccfvxn0y.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar