Search This Blog

Paragraf Argumentasi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Kalimatnya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Paragraf Argumentasi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Kalimatnya
Sep 17th 2023, 18:06, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Paragraf Argumentasi Adalah. Sumber: Unsplash/Finn Mund
Ilustrasi Paragraf Argumentasi Adalah. Sumber: Unsplash/Finn Mund

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang memuat serangkaian pendapat atau alasan untuk membuktikan kebenaran suatu hal. Dalam paragraf ini, penulis menyertakan berbagai data pendukung, guna meyakinkan pembaca atas kebenaran yang disampaikan.

Paragraf argumentasi adalah sebuah tulisan yang isinya bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan data atau fakta sebagai alasan/bukti.

Pengertian Paragraf Argumentasi

Ilustrasi Paragraf Argumentasi. Sumber: Unsplash/Leiada Krozjhen
Ilustrasi Paragraf Argumentasi. Sumber: Unsplash/Leiada Krozjhen

Paragraf argumentasi atau paragraf pembahasan adalah jenis paragraf yang dimaksudkan untuk membuktikan sudut pandang penulis agar pembaca dapat menerima pendapatnya.

Dalam paragraf argumentasi, penulis menyampaikan pendapat yang disertai dengan penjelasan dan alasan yang kuat dengan maksud agar pembaca terpengaruh dengan pendapat penulis, sebagaimana dikutip dari buku Think Smart Bahasa Indonesia, Ismail Kusmayadi, (hal 40).

Dasar tulisan argumentasi adalah berpikir kritis dan logis berdasarkan fakta-fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.

Ciri-Ciri Kalimat Paragraf Argumetasi

Ilustrasi Paragraf Argumentasi Adalah. Sumber: Unsplash/Timothy Eberly
Ilustrasi Paragraf Argumentasi Adalah. Sumber: Unsplash/Timothy Eberly

Paragraf argumentasi yang baik adalah paragraf yang mampu menggerakkan perasaan dan pikiran pembaca, sehingga mereka dapat mempertimbangkan pandangan atau pendapat penulis. Berikut ciri-ciri dan contoh kalimat paragraph argumentasi.

Ciri-ciri paragraf argumentasi dapat dijadikan patokan untuk membuat paragraf argumentasi yang baik dan benar. Ciri-ciri dari paragraf argumentasi di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Terdapat fakta yang disajikan untuk memberikan pembuktian kepada pembaca. Biasanya, disajikan dalam bentuk grafik, gambar, fakta berita, kutipan pendapat ahli, dan lain sebagainya.

  • Menjelaskan gagasan yang dapat membujuk dan memengaruhi pendengar atau pembaca.

  • Terdapat sebuah gagasan atau ide yang disampaikan oleh penulis.

  • Terdapat alasan berupa data, fakta, dan argumen lain yang mendukung.

  • Sumber idenya ada yang berupa pengalaman, observasi atau penelitian.

  • Pendapat disampaikan dengan merumuskan sebuah masalah dengan cara logis, analisis, dan kritis.

  • Terdapat kalimat penutup dengan penyampaian secara universal atau dengan memberikan sebuah kesimpulan secara general dan menyeluruh terkait tentang solusi dalam penyelesaian masalah.

Contoh Kalimat Paragraf Argumetasi

Berikut merupakan contoh kalimat paragraph argumentasi.

  1. Memilih SMA tanpa pertimbangan yang matang hanya akan menambah pengangguran karena pelajaran di SMA tidak memberi bekal bekerja. Sudah saatnya masyarakat mengubah paradigma agar lulusan SMP tidak latah masuk SMA. Kalau memang lebih berbakat pada jalur profesi, sebaiknya lulusan SMP memilih SMK. Dia mengingatkan sejumlah risiko bagi lulusan SMP yang sembarangan melanjutkan sekolah. Misalnya, lulusan SMP yang tidak mempunyai potensi bakat-minat ke jalur akademik sampai perguruan tinggi, tetapi memaksakan diri masuk SMA, dia tidak akan lulus UAN karena sulit mengikuti pelajaran di SMA. Namun, tanpa lulus UAN mustahil bisa sampai perguruan tinggi.

  2. Kemarau tahun ini cukup panjang. Sebelumnya, pohon-pohon di hutan sebagai penyerap air banyak yang ditebang. Di samping itu, irigasi di desa ini tidak lancar. Ditambah lagi dengan harga pupuk yang makin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan tanahnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan panen di desa ini selalu gagal.

  3. Udara di kota-kota industri sangat kotor dengan banyaknya asap hitam hasil pembakaran di pabrik-pabrik. Udara makin panas sehingga menyebabkan berbagai dampak lingkungan hidup. Es di kutub selatan dan di Greenland mulai mencair. Itulah berbagai akibat yang terjadi karena eksploitasi besar-besaran minyak bumi.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Paragraf Eksposisi? Ini Pengertian dan Struktur Penulisannya

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang berisi kalimat-kalimat untuk menguatkan suatu pendapat. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya. (GLG)

Media files:
01hagjeynsv47hksnb48n245zt.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar