Search This Blog

Hubungan antara Takdir, Ikhtiar, Doa, dan Tawakal dalam Agama Islam

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Hubungan antara Takdir, Ikhtiar, Doa, dan Tawakal dalam Agama Islam
Sep 9th 2023, 20:59, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal. Foto: Unsplash/Masjid Pogung Dalangan
Ilustrasi jelaskan hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal. Foto: Unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Jelaskan hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal! Pertanyaan ini sering kali membingungkan banyak umat Islam. Hal ini disebabkan semuanya saling berhubungan satu sama lain.

Dengan mengetahui pengertian dan hubungannya membuat manusia menggantungkan diri kepada Allah SWT setelah berusaha sekuat tenaga. Jadi, manusia percaya bahwa hasilnya adalah yang terbaik walaupun tidak selalu sesuai dengan keinginan.

Pengertian Takdir, Ikhtiar, Doa, dan Tawakal

Ilustrasi jelaskan hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal. Foto: Unsplash/Abdi MS
Ilustrasi jelaskan hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal. Foto: Unsplash/Abdi MS

Sebelum ke penjelasan tentang hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal, terlebih dahulu perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

1. Takdir

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), takdir adalah ketetapan atau ketentuan dari Tuhan. Sedangkan menurut Ibnul Qayyim al-Jauziyyah dalam Terjemahan Qadha dan Qadar (2016), takdir manusia sudah ditetapkan sejak sebelum penciptaan langit dan bumi. Sebagaimana yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin Ash, ia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda,

"Allah mencatat takdir setiap makhluk 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi." (HR. Muslim no. 2653)

Takdir dalam Islam sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni:

  • Takdir Mubram (Qada') merupakan takdir yang pasti terjadi dan tidak dapat diubah oleh manusia lagi, seperti kelahiran, kematian, jenis kelamin, jodoh.

  • Takdir Muallaq (Qadar) yakni takdir yang bergantung pada ikhtiar seseorang atau usaha menurut kemampuan yang ada pada manusia.

2. Ikhtiar

Ikhtiar merupakan perilaku seorang yang berusaha dengan sungguh-sungguh untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara material, spiritual, kesehatan, masa depan dan lainnya.

3. Doa

Doa adalah bentuk permohonan yang dilakukan oleh seorang hamba kepada Allah SWT. Doa sendiri merupakan wujud penyandaran diri seorang manusia tentang kebenaran penciptanya. Dengan berdoa, Allah akan mengabulkan keinginan para hambanya.

Tawakal

Tawakal adalah menyerahkan keputusan atas segala sesuatunya kepada Allah SWT. Dengan kata lain, tawakal adalah menyerahkan diri kepada Allah SWT setelah melakukan usaha dengan sekuat tenaga.

Hubungan antara Takdir, Ikhtiar, Doa, dan Tawakal

Ilustrasi jelaskan hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal Foto: Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi jelaskan hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal Foto: Unsplash/Mufid Majnun

Setelah mengetahui pengertian di atas, lantas bagaimana hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal tersebut terhadap usaha manusia?

Allah SWT memang sudah menetapkan takdir setiap manusia. Akan tetapi, takdir tersebut beberapa bisa diubah dengan doa hamba-Nya. Selain dengan doa, manusia juga harus berusaha semaksimal mungkin dan mengakhirinya dengan menyerahkan hasilnya kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman,

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (QS. Ar-Ra'd: 11)

Baca Juga: Memahami Hubungan Ikhtiar dan Takdir dalam Menggapai Cita-Cita

Dengan mengetahui hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal membuat manusia berusaha sekuat tenaga agar hidup lebih baik dan diakhiri dengan pasrah kepada Allah SWT untuk mendapatkan jawaban yang terbaik untuk dirinya walau tidak sesuai harapan.(MZM)

Media files:
01h9wcf32qqbhr2eznr2gk12fj.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar