Search This Blog

Cara Mencari Kata dalam Kamus Bahasa Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cara Mencari Kata dalam Kamus Bahasa Indonesia
Sep 17th 2023, 17:51, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Cara Mencari Kata dalam Kamus, sumber: unsplash/SydWacht
Ilustrasi Cara Mencari Kata dalam Kamus, sumber: unsplash/SydWacht

Cara mencari kata dalam kamus Bahasa Indonesia cukup mudah dilakukan. Sayangnya, masih banyak orang yang bingung dalam menemukan informasi di dalamnya.

Kamus Bahasa Indonesia atau yang biasa disebut KBBI merupakan sumber rujukan yang digunakan dalam mencari makna atau arti dari suatu kata. Memahami tata cara penggunaannya sangat penting agar dapat menemukan informasi yang dicari.

Apa itu Kamus Bahasa Indonesia?

Ilustrasi Cara Mencari Kata dalam Kamus, sumber: unsplash/Kiwihug
Ilustrasi Cara Mencari Kata dalam Kamus, sumber: unsplash/Kiwihug

Cara mencari kata dalam kamus Bahasa Indonesia bisa dimulai dengan memasukkan tulisan yang ingin diketahui maknanya. Seperti yang diketahui, setiap kata mempunyai arti atau makna masing-masing.

Mengutip buku Kamus Bahasa Indonesia, Ernawati Waridah (2017), Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kamus yang memuat ribuan kosakata yang dilengkapi dengan definisinya.

Jika baru pertama kali melihat kamus, maka jangan terkejut ketika menyaksikan penampakannya. Seperti halnya kamus bahasa lain di dunia, KBBI hadir dalam buku yang sangat tebal.

Bagian tepi halamannya tercantum huruf abjad mulai A hingga Z. Huruf tersebutlah yang akan memudahkan para pembaca untuk mencari makna dari kata tertentu.

Cara Mencari Kata dalam Kamus

Ilustrasi Cara Mencari Kata dalam Kamus, sumber: unsplash/AaronBurden
Ilustrasi Cara Mencari Kata dalam Kamus, sumber: unsplash/AaronBurden

Saat ini, mencari makna kata dalam kamus Bahasa Indonesia semakin dipermudah dengan hadirnya KBBI online. Pengguna bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan mengaksesnya melalui internet.

Jadi, meskipun tidak memiliki kamus fisik, pengguna tetap bisa menemukan informasi valid sesuai dengan yang dicarinya. Asalkan memiliki smartphone atau laptop, maka KBBI online bisa diakses dengan mudah. Beberapa langkah mencari kata dalam kamus Bahasa Indonesia di antaranya sebagai berikut.

  1. Pertama, buka browser yang terpasang di smartphone terlebih dahulu. Browser yang digunakan di antaranya, yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lain sebagainya.

  2. Selanjutnya, ketik KBBI atau KBBI online di mesin pencarian.

  3. Nantinya, akan muncul deretan website yang menyediakan fasilitas pencarian informasi tentang makna kata. Pilihlah website kbbi.kemdikbud.go.id.

  4. Di halaman pertama, temukan kolom pencarian untuk mencari makna dari suatu kata.

  5. Masukkan kata yang ingin diketahui maknanya dengan mengetikkannya.

  6. Klik tombol "Search" untuk menemukannya.

  7. Tunggu sebentar hingga hasil pencarian muncul di bawahnya.

  8. Dari hasil pencarian tersebut, akan muncul pula jenis-jenis kata yang meliputi kata kerja, kata benda, dan kata sifat.

Baca juga: Langkah atau Cara Membaca Kamus Cetak Bahasa Indonesia

Cara mencari kata dalam kamus Bahasa Indonesia ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan mengikuti panduan di atas, maka komunikasi secara lisan atau tulisan semakin dipermudah karena telah memahami artinya. (DLA)

Media files:
01hah8q9hap5rd8h484gtfyhph.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar