Search This Blog

Cabang Seni yang Harus Diketahui

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cabang Seni yang Harus Diketahui
Sep 24th 2023, 18:17, by Berita Terkini, Berita Terkini

 Ilustrasi Sebutkan 4 Cabang Seni. Sumber: Foto Unsplash/Anna Kolosyuk
Ilustrasi Sebutkan 4 Cabang Seni. Sumber: Foto Unsplash/Anna Kolosyuk

Sebutkan 4 cabang seni yang ada di Indonesia! Seni merupakan sebuah karya yang diciptakan oleh manusia yang di dalamnya mengandung unsur keindahan, sehingga karya tersebut dapat membangkitkan perasaan lain yang timbul dalam diri manusia.

Seni sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau individul. Seni mempunyai beberapa cabang yang berbeda-beda berdasarkan media, fungsi, dan tujuannya.

4 Cabang Seni

  Ilustrasi Sebutkan 4 Cabang Seni. Sumber: Foto Unsplash/Dan Farrell
Ilustrasi Sebutkan 4 Cabang Seni. Sumber: Foto Unsplash/Dan Farrell

Sebutkan 4 cabang seni! Ketahui semua jawabannya melalui ulasan artikel ini. Berdasarkan buku yang berjudul Dasar Seni dan Desain, Mukhirah, Nurbaiti, (2018:8), seni dapat dibedakan menjadi empat, yaitu seni sastra, seni musik, seni tari, dan seni rupa.

1. Seni Sastra

Sastra merupakan salah satu cabang seni yang menunjukan keindahan bahasa. Seni sastra mengandung imajinasi, seperti hasil renungan, khayalan, dan perasaan yang diwujudkan dalam kata-kata yang menimbulkan pesona tertentu bagi pembaca.

2. Seni Musik

Seni musik atau seni suara adalah salah satu seni yang ditangkap oleh indera pendengaran. Rangkaian suara yang didengar dapat memberikan perasaan puas, senang, bahagia, teduh, atau pun marah.

Jenis musik dunia terbagi dalam dua golongan yakni lagu (suara) dan instrumental. Suara adalah musik yang hanya didasarkan pada suara manusia, seperti paduan suara dan akapela. Sedangkan instrumental adalah musik yang diperoleh dari hasil memainkan alat musik seperti gitar, biola, piano, seruling, dan lain-lain.

3. Seni Tari

Tari merupakan salah satu cabang seni yang diekspresikan melalui ungkapan gerak. Gerak-gerak yang diuntai dalam sebuah tarian merupakan ekspresi seorang seniman sebagai alat komunikasi kepada penonton, sehingga penonton memiliki kepekaan yang sama.

Berbeda dengan seni lainnya seni tari termasuk seni yang tidak awet, karena tari hanya bisa dinikmati sesaat dan akan lenyap sejalan dengan usianya tarian.

4. Seni Rupa

Seni rupa adalah sebuah bentuk cipta manusia yang di dalamnya terkandung nilai keindahan artistik yang memuaskan mata. Nilai artistik ini ditangkap oleh mata sebagai indera penglihatan.

Hal ini menandakan bahwa seni rupa merupakan seni jenis visual, contohnya: lukisan, patung, ukiran, seni pertunjukan, seni grafis dan banyak lainnya.

Baca juga: Definisi Seni dan Budaya beserta Contohnya

Itulah penjelasan dari 4 cabang seni yang perlu diketahui. Ulasan di atas semoga dapat menambah wawasan bagi para pembaca. (Adm)

Media files:
01hb2wam7gc2yexfb45pdaecvd.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar