Search This Blog

Anies soal Kebebasan Berpendapat: Selama di DKI Dikritik, Tak Pernah Menuntut

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Anies soal Kebebasan Berpendapat: Selama di DKI Dikritik, Tak Pernah Menuntut
Sep 30th 2023, 18:13, by Muhammad Luthfi Humam, kumparanNEWS

Bacapres Anies Baswedan menjadi pembicara dalam acara Youth Summit Ideafest 2023, di JCC, Jakarta, Sabtu (30/9/2023). Foto: Dok. Istimewa
Bacapres Anies Baswedan menjadi pembicara dalam acara Youth Summit Ideafest 2023, di JCC, Jakarta, Sabtu (30/9/2023). Foto: Dok. Istimewa

Bacapres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, berbicara mengenai kebebasan berpendapat.

Anies mengatakan, selama kritik negara masih dengan sebutan-sebutan seperti "Konoha" atau "Wakanda", artinya masih ada permasalahan dalam kebebasan berbicara.

"Harus diubah itu, satu soal aturan, ada peraturan-peraturan, undang-undang yang karet sifatnya yang bisa digunakan untuk bisa digunakan siapa saja oleh pemegang kewenangan, ini harus diubah menurut saya UU itu supaya ada perasaan kebebasan," kata Anies di Ideafest yang digelar di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (30/9).

Anies mencontohkan, saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI banyak menerima kritik dari masyarakat dengan sebutan "Konoha" atau "Wakanda". Namun, ia meminta agar kritik-kritik tersebut tidak dibawa ke ranah hukum.

"Kami di Jakarta kurang apa kritiknya, kurang apa caci makinya, kurang apa framing-nya, pernah ada yang dibawa ke tuntutan? Nol, kami tidak pernah menuntut siapa pun untuk apa pun yang dikatakan," ujar dia.

Menurut Anies, siapa pun boleh untuk memberikan kritik. Kendati begitu, ia mengatakan tetap ada batasan untuk memberikan kritik.

"Apa batasnya? Tidak melanggar sikap membahayakan, kalau itu membahayakan, apa? Ancaman fisik, kekerasan tapi selama itu ungkapan pikiran itu sesuatu yang harus dihargai, dihormati," tutup dia.

Media files:
01hbjshfgdxxx10a08s2egzfb0.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar