Search This Blog

Adakah Satelit Bumi selain Bulan? Ini Penjelasannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Adakah Satelit Bumi selain Bulan? Ini Penjelasannya
Sep 2nd 2023, 21:13, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi satelit bumi selain bulan. Sumber: pexels.com/RDNE Stock Project
Ilustrasi satelit bumi selain bulan. Sumber: pexels.com/RDNE Stock Project

Adakah satelit bumi selain bulan? Satelit adalah benda langit yang bergerak mengiringi planet. Bulan adalah satelit bumi. Bulan sebagai satelit bumi dapat dilihat secara jelas di langit pada malam hari.

Planet yang memiliki satelit dalam sistem tata surya tidak hanya bumi. Ada pula beberapa planet yang memiliki banyak satelit seperti Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Ada pula planet yang tidak memiliki satelit seperti Venus dan Merkurius.

Satelit Bumi selain Bulan

Ilustrasi satelit bumi selain bulan. Sumber: pexels.com/Brett Sayles
Ilustrasi satelit bumi selain bulan. Sumber: pexels.com/Brett Sayles

Mengutip buku Seri Tata Surya: Planet dan Satelit oleh Viyanti (2021: 28), satelit adalah benda langit yang mengorbit benda lain, yaitu planet. Satelit melakukan tiga gerakan dalam satu waktu, yaitu bergerak pada porosnya (rotasi), bergerak mengorbit planet (revolusi), dan bersama-sama dengan planet mengorbit matahari.

Beberapa fungsi satelit alami adalah sebagai berikut:

  • Melindungi jalur orbit planet dari benda lain seperti komet dan asteroid.

  • Mengontrol kecepatan planet untuk berotasi.

  • Menjaga kesimbangan siklus pasang surut air laut.

  • Menjadi sumber penerang planet pada malam hari.

  • Mengurangi efek suara yang ditimbulkan akibat radiasi sinar ultraviolet.

Selain satelit alami, ada pula satelit buatan. Satelit buatan adalah satelit yang dibuat oleh manusia. Satelit ini memiliki fungsi dan tujuan tertentu, seperti untuk ilmu pengetahuan dan komunikasi. Satelit buatan dapat beroperasi setelah diluncurkan memasuki orbit dengan bantuan roket.

Berdasarkan fungsinya satelit buatan dibagi menjadi satelit penelitian, satelit navigasi, satelit metereologi, satelit komunikasi, satelit astronomi, dan lain sebagainya.

Satelit alami bumi adalah bulan. Mengutip buku Seri IPA Fisika 3 SMP Kelas IX oleh Prof. Dr. Mundilarto, S.Pd., dan Dr. Edi Istiyono, M.Si. (2007: 160), bulan adalah satu-satunya satelit bumi. Bulan memiliki tiga gerakan yaitu rotasi, revolusi pada bumi, dan mengikuti bumi berevolusi pada matahari.

Bulan melakukan revolusi pada bumi dari arah barat ke timur atau searah jarum jam, bersamaan itu bulan juga melakukan rotasi sehingga muka bulan yang menghadap bumi dalam keadaan tetap. Periode rotasi dan revolusi bulan adalah sama, yaitu 1 bulan.

Baca juga: Jenis-jenis dan Contoh Satelit sebagai Benda Langit

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bawa tidak ada satelit bumi selain bulan. Jika ada satelit lain, maka satelit tersebut adalah satelit buatan yang dibuat manusia bumi untuk keperluan pengetahuan, komunikasi, atau metereologi. Semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan terkait tata surya. (IND)

Media files:
01h9ahr4702jgy3mxjq2jttsb0.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar