Search This Blog

Takut untuk Beranjak Dewasa, Apakah Salah?

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Takut untuk Beranjak Dewasa, Apakah Salah?
Aug 12th 2023, 18:50, by Ceicilia, Ceicilia

Sumber: pexels.com
Sumber: pexels.com
Takut tambah dewasa, takut aku kecewa, takut tak seindah yang kukira," —Kutipan Lirik lagu Takut dari Idgitaf.

Proses peralihan dari masa remaja ke dunia pendewasaan sering kali adalah tahapan kehidupan remaja yang memiliki banyak perubahan dan juga tantangan sehingga dengan adanya ini mereka perlu melakukan penyesuaian.

Namun di balik semua itu, tidak sedikit dari remaja yang merasa takut dan cemas untuk beranjak dewasa. Apakah rasa takut yang mereka alami ini wajar? Apakah salah?

Takut untuk Dewasa: Ini Hal yang Wajar

Sumber: pexels.com
Sumber: pexels.com

Ketika kita semasa remaja, kita tentunya sedang mencari siapa identitas atau jati diri kita sesungguhnya. Namun ketika kita memasuki yang namanya dunia dewasa, kita tidak akan lagi memiliki kesempatan untuk mencari jati diri kita lagi.

Siap tidak siap kita harus mencapai apa yang kita inginkan. Sehingga dari hal inilah dapat menimbulkan kecemasan tersendiri bagi remaja karena mereka akan membuat sebuah keputusan yang besar dan tentunya akan mempengaruhi arah hidup mereka ke depannya.

Ekspektasi dan Harapan yang Tinggi dari Orang Lain

Sumber: pexels.com
Sumber: pexels.com

Ekspektasi yang diberikan oleh orang lain kepada kita tentunya menjadi tekanan kita dalam berbagai bidang. Kita merasa takut bahwa suatu saat kita tidak dapat memenuhi apa yang menjadi keinginan dari orang lain.

Sehingga dengan begitu, kita tentunya takut untuk bertambah dewasa. Seseorang mungkin dapat merasa mentalnya tertekan apabila ia mendapatkan harapan yang tinggi dari orang lain. Bahkan tidak sedikit dari remaja yang sudah putus asa terlebih dahulu sebelum berjuang karena takut untuk gagal.

Mengatasi Rasa Takut Beranjak Dewasa

Sumber: pexels.com
Sumber: pexels.com

Menerima dengan Lapang Dada dan Meminta Bantuan yang Lebih Dewasa

Hal pertama yang akan dilakukan adalah kita mengaku bahwa kita memiliki rasa takut, namun ita harus menerima bahwa untuk menjadi semuanya baik dan sesuai dengan rencana tentu diperlukan proses yang berat.

Dengan begitu tidak masalah apabila ingin meminta bantuan ke orang lain. Berbicara dengan orang yang lebih dewasa tentu dapat membantu kita agar kita lebih siap ke depannya serta kita semakin termotivasi.

Berani Mencoba dan Memiliki Mindset untuk Terus Berkembang

Kita jangan takut untuk selalu belajar dan berkembang. Untuk menghadapi tantangan tentunya diperlukan sikap dan rasa ingin belajar sehingga kita merasa dapat lebih percaya diri untuk lebih maju dalam melangkah ke depannya.

Semangat!

Media files:
01h7mpwhscne53bnzrpwah4dk8.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar