Search This Blog

Sejarah dan Alasan Rempah-Rempah Sangat Diperlukan oleh Bangsa Eropa

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sejarah dan Alasan Rempah-Rempah Sangat Diperlukan oleh Bangsa Eropa
Aug 5th 2023, 18:15, by Berita Terkini, Berita Terkini

Rempah-rempah sangat diperlukan oleh bangsa Eropa. Sumber: pexels.com
Rempah-rempah sangat diperlukan oleh bangsa Eropa. Sumber: pexels.com

Indonesia telah melewati sejarah panjang sebelum akhirnya berhasil menjadi negara yang merdeka. Semua orang tentu tahu bahwa awal mula Indonesia dijajah adalah karena bangsa Eropa yang ingin menguasai hasil rempah Nusantara. Rempah-rempah sangat diperlukan oleh bangsa Eropa, terutama untuk menghangatkan tubuh dan membuat obat.

Seribu khasiat yang dimiliki rempah-rempah asli Nusantara membuat bangsa Eropa akhirnya melakukan penjajahan selama ratusan tahun lamanya. Meski termasuk sejarah kelam bangsa, tetapi hal ini membuktikan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, khususnya rempah-rempah.

Alasan Rempah-Rempah Sangat Diperlukan oleh Bangsa Eropa

Rempah-rempah sangat diperlukan oleh bangsa Eropa. Sumber: pexels.com
Rempah-rempah sangat diperlukan oleh bangsa Eropa. Sumber: pexels.com

Mengutip dari buku 3,5 Abad Penjajahan Belanda, Husni Abdullah Mubarok (2023:26), rempah-rempah sangat diperlukan oleh bangsa Eropa, terutama untuk menghangatkan tubuh dan membuat obat.

Pada saat itu, rempah-rempah memang menjadi komoditas paling berharga dan paling dicari oleh bangsa-bangsa Eropa. Bahkan nilai jualnya juga sempat melebihi harga logam mulia, seperti emas.

Sedangkan kebutuhan ini berbanding terbalik dengan kondisi alam Eropa yang membuat hasil produksi rempahnya tidak seoptimal negeri Timur, seperti Indonesia. Jadi, apa alasan rempah-rempah sangat diperlukan oleh bangsa Eropa? Berikut penjelasannya.

1. Untuk Menghangatkan Tubuh

Bangsa Eropa memiliki karakteristik astronomis yang membuatnya terkenal dengan musim dinginnya. Oleh karena itu, rempah-rempah sangat dibutuhkan oleh bangsa Eropa. Terutama saat memasuki musim dingin dan semua orang membutuhkan rempah-rempah untuk menghangatkan tubuh.

Rempah-rempah ini akan dijadikan sebagai bumbu masakan ataupun bahan minuman untuk menghangatkan tubuh orang-orang Eropa. Contohnya seperti lada atau merica yang dapat memberikan efek hangat pada tubuh.

2. Pengawet Makanan

Selain itu, rempah-rempah juga bisa menjadi pengawet makanan alami. Hal ini karena rempah mengandung senyawa antimikroba dan antioksidan yang secara alami dapat membantu mengawetkan makanan.

Adapun beberapa jenis rempah yang bisa digunakan sebagai pengawet makanan alami antara lain cengkeh, pala, dan juga kayu manis. Biasanya, rempah-rempah tersebut digunakan untuk mengawetkan daging dan buah-buahan ketika musim dingin tiba.

3. Menyempurnakan Cita Rasa Masakan

Sejak dulu bangsa Eropa memang sangat menyenangi rempah-rempah karena manfaatnya yang bisa menyempurnakan cita rasa makanan. Bahkan rempah-rempah juga menjadi penyedap makanan bagi para bangsawan Eropa.

Oleh sebab itu, bangsa Eropa rela memburu rempah-rempah hingga ke bagian timur yang jaraknya sangat jauh serta membutuhkan waktu dan biaya perjalanan yang besar. Hal ini jugalah yang membuat pedagang Eropa akan tetap membeli rempah tersebut meski harganya sangat mahal.

Baca Juga: Alasan Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa rempah-rempah sangat diperlukan oleh bangsa Eropa, terutama untuk menghangatkan tubuh, pengawet makanan, hingga menyempurnakan cita rasa masakan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya. (Anne)

Media files:
01h70tt31ndmfcssdcrmaxjkw7.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar