Search This Blog

Pertama Kali dalam 178 Tahun, Burung Pink Super Langka Muncul di Wisconsin, AS

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pertama Kali dalam 178 Tahun, Burung Pink Super Langka Muncul di Wisconsin, AS
Aug 5th 2023, 20:13, by Habib Allbi Ferdian, kumparanSAINS

Burung langka spoonbill mawar.  Foto: Shutterstock
Burung langka spoonbill mawar. Foto: Shutterstock

Baru-baru ini, burung langka ibis sendok mawar kembali terlihat di dekat Green Bay, negara bagian Wisconsin, AS, setelah 178 tahun hilang.

Spoonbill mawar adalah burung rawa besar dengan bulu merah muda cerah dan paruh panjang besar dan pipih yang sekilas terlihat seperti bebek. Mereka biasanya mencari invertebrata di perairan dangkal dengan mengayunkan kepalanya dari sisi kiri ke sisi kanan.

Spoonbill mawar terakhir terlihat mati di Rock County pada 1845. Munculnya hewan itu di Wisconsin menjadi penampakan pertama setelah hilang selama 178 tahun.

"Saya sudah berada di sini selama berhari-hari," ujar Logan Lasee, orang pertama yang melihat Spoonbill mawar sebagaimana dikutip IFLScience.

"Saya hampir mengeceknya setiap hari untuk memastikan apakah mereka masih ada. Sekarang banyak orang yang datang kepada saya karena tahu saya adalah orang yang pertama kali menemukannya. Saya merasa seperti seorang selebriti beberapa hari terakhir."

Burung langka tersebut sempat menghilang dari lokasi penemuan akibat badai. Beruntung, beberapa hari kemudian mereka kembali terlihat di Kawasan Alam Ken Euers.

Cuaca badai ini diduga menjadi penyebab kenapa burung mawar menghilang selama ratusan tahun di Wisconsin. Biasanya, mereka hidup di daerah yang lebih hangat, atau lebih ke selatan seperti Florida dan Texas. Jangkauannya meluas ke Amerika Tengah dan Selatan.

Pada 1860-an, spoonbill mawar hampir punah di Amerika Serikat karena perburuan. Orang-orang memburu bulu merahnya untuk dijual dengan harga mahal. Namun, menurut Audubon Society, populasi mereka bangkit di negara bagian selatan.

Belum diketahui berapa lama spoonbill mawar akan tinggal di Wisconsin. Yang pasti, penduduk setempat menyarankan agar satwa langka ini diberi banyak ruang sehingga orang-orang punya kesempatan untuk menyaksikan kedatangan spoonbill mawar di Wisconsin.

"Merupakan hak istimewa yang sangat besar bagi kami untuk melihat burung yang luar biasa seperti ini di Wisconsin. Kami tidak ingin menempatkan burung itu dalam bahaya," kata Tom Prestby, seorang pengamat burung dan rekan Logan, kepada Green Bay Press-Gazette. "Kami ingin orang lain melihatnya."

Media files:
01h6z5dtvqywsk6ehx2w2w0sb0.png (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar