Aug 19th 2023, 18:50, by Berita Terkini, Berita Terkini
Contoh soal asesmen nasional dapat siswa gunakan untuk bahan belajar. Asesmen nasional merupakan salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan oleh Kementerian pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Asesmen Nasional dilakukan untuk memantau perkembangan pendidikan dan mengidentifikasi indikator-indikator yang perlu diperbaiki. Pelaksanaan asesmen nasional dikoordinasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
Contoh Soal Asesmen Nasional
Dikutip dari situs resmi Asesmen Berbasis Komputer (https://anbk.kemdikbud.go.id), asesmen nasional pelaksanaanya memiliki tiga instrumen. Mulai dari Asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.
Asesmen kompetensi minimum (AKM) akan mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) siswa. Survei karakter akan mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa.
Sedangkan survei lingkungan belajar akan mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan. Yang mengikuti survei ini adalah para siswa dan guru.
Asesmen nasional dilaksanakan dengan menggunakan komputer secara daring. Siswa akan mengerjakan pada jadwal yang ditentukan. Sedangkan guru dan kepala satuan pendidikan mengerjakan survei secara mandiri dengan periode waktu yang cukup panjang.
Untuk jenjang SD/MI, asesmen nasional akan dilakukan selama 75 menit untuk tes literasi, 20 menit untuk survei karakter, 75 menit untuk tes numerasi, dan 20 menit untuk survei lingkungan belajar. Berikut contoh soal asesmen nasional kelas 5 sekolah dasar.
Ada dua orang sahabat melakukan perjalanan panjang. Ketika di tengah perjalanan, mereka terlibat dalam suatu perdebatan. Pertengkaran Itu terjadi sampai salah satu dari mereka menampar yang Iainnya. Sahabat yang ditampar itu tak berkata apapun tapi menuliskan suatu kata di atas hamparan pasir. Tulisan tersebut berbunyi, "Hari ini teman baikku menamparku." Walaupun mereka bertengkar tapi tetap melanjutkan perjalanan bersama. Saat di perjalanan mereka menemukan sebuah sumber air dan memutuskan untuk mandi. Namun malang nasib teman yang ditampar tadi, ia tergelincir dan hampir terggelam di dalam sumber air tersebut. Melihat itu, tentu saja teman yang menampar tadi menolongnya dan ia pun selamat. "Hari ini teman baikku menyelamatkan nyawaku," ukirnya pada sebuah batu. Teman yang telah menampar dan menyelamatkan nyawanya tadi bertanya, "Mengapa saat aku menyakitimu, kamu menulis di atas pasir. Sedangkan saat aku membantu, kamu mengukirnya pada batu?" Kemudian Ia menjawab "Karena menulis di atas pasir mudah terhapus oleh sapuan angin, sedangkan mengukir di atas batu tidak mudah hilang oleh terpaan angin kencang sekalipun."
Tentukan setiap pernyataan berikut sesuai dengan isi teks ataukah tidak! A. Perjalanan kedua sahabat kemungkinan melewati padang pasir. B. Kedua orang tetap bersahabat dalam kondisi marah maupun susah. C. Pesan yang baik dituliskan di atas pasir, pesan yang buruk dituliskan di atas batu. Jawaban: B
Pilihlah pesan-pesan yang merupakan simpulan dari isi teks! A. Jangan mengingat kesalahan orang lain terlalu lama. B. Pertemanan sejati akan terbentuk setelah melewati masa perkelahian. C. Persahabatan memerlukan sikap memaafkan dan membalas kebaikan. D. Jika diberi kebaikan oleh orang lain harus segera membalasnya. Jawaban: A dan C
Cermati pantun Berikut! Jika ada jarum yang patah jangan disimpan di dalam peti Kalau ada kata yang salah jangan disimpan di dalam hati Apakah isi pantun tersebut sesuai dengan isi teks? A. Sesuai B. Tidak Sesuai Jawaban: A
Itulah contoh soal asesmen nasional kelas 5 SD/MI yang dapat digunakan peserta didik untuk latihan soal dan mengukur sejauh mana persiapan yang telah dilakukan. (Gin)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar