Search This Blog

4 Langkah untuk Naikkan Berat Badan Janin di Dalam Kandungan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
4 Langkah untuk Naikkan Berat Badan Janin di Dalam Kandungan
Aug 6th 2023, 10:01, by Nur Khafifah, kumparanMOM

Ilustrasi ibu hamil makan makanan sehat untuk naikkan berat badan janin Foto: Shutter Stock
Ilustrasi ibu hamil makan makanan sehat untuk naikkan berat badan janin Foto: Shutter Stock

Ibu hamil perlu memperhatikan setiap asupan nutrisi yang masuk ke tubuhnya demi kesehatan diri dan janin di dalam perut. Salah satu cara mengukur kecukupan nutrisi adalah dengan memantau berat badan janin di dalam kandungan.

Menurut seorang konsultan kebidanan dan ginekologi di Klinik S L Goh di Mount Alvernia Medical Centre D Singapore, Goh Shen Li, ada beberapa hal yang bisa dilakukan ibu untuk meningkatkan berat badan bayi dalam kandungan. Apa saja?

Cara Tingkatkan Berat Badan Janin di Dalam Kandungan

1. Tidur Hadap Kiri

Ilustrasi ibu hamil tidur dan bermimpi. Foto: Syda Productions/kumparan
Ilustrasi ibu hamil tidur dan bermimpi. Foto: Syda Productions/kumparan

Dikutip dari laman Young Parents, tidur menghadap ke kiri dapat meningkatkan peredaran darah dan menyalurkan oksigen dengan baik pada janin.

Dokter kandungan juga mungkin memeriksa apakah tali pusar janin Anda bekerja dengan baik. Karena jika tali pusar tidak bekerja dengan baik, hal ini akan menghambat saluran makan dan oksigen pada janin, yang pada akhirnya akan menghambat pertambahan berat badan janin.

2. Konsumsi Durian

Ilustrasi Durian. Foto: Shutterstock
Ilustrasi Durian. Foto: Shutterstock

Menurut Goh, ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbonhidrat untuk menaikan berat badan janin, dan durian bisa menjadi salah satu pilihan Anda!

Tapi sebelum Anda mengonsumsi durian, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan Anda agar kesehatan Anda maupun janin tetap terjaga.

3. Tingkatkan Asupan Kalori

Ilustrasi makanan organik. Foto: Shutterstock
Ilustrasi makanan organik. Foto: Shutterstock

Nutrisi adalah kunci selama kehamilan. Makanan yang Anda makan berperan langsung dalam pertumbuhan dan perkembangan janin.

Mengonsumsi makanan seimbang yang mencakup berbagai jenis buah-buahan, sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak dan makanan olahan susu dapat memastikan bahwa bayi di dalam perut memiliki berat badan yang seimbang.

Dikutip dari laman Live Strong, selama trimester ketiga, yang merupakan tiga bulan terakhir kehamilan, Anda harus makan sekitar 300 kalori tambahan per hari untuk meningkatkan pertumbuhan normal, menurut American Pregnancy Association.

Tentu saja, Anda harus meningkatkan asupan kalori dengan makanan padat nutrisi, dan hindari makanan berkalori tinggi seperti kue, soda dan makanan cepat saji karena makanan tersebut tidak mensuplai nutrisi penting bagi janin Anda.

4. Konsumsi Lemak Sehat

Ibu makan alpukat. Foto: hugo_34/Shutterstock
Ibu makan alpukat. Foto: hugo_34/Shutterstock

Banyak wanita takut gemuk sehingga menghindari mengonsumsi lemak saat hamil. Padahal saat hamil Anda benar-benar butuh lemak. Selama dalam kandungan, janin mengandalkan lemak untuk menyerap asupan vitamin dan mineral untuk pertumbuhannya.

Tapi bukan bearti Anda bebas mengonsumsi makanan berlemak apa saja ya, Moms. Pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat, salmon, dan kacang-kacangan.

Media files:
elavav1nvyqqbzgtfhrp.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar