Search This Blog

Sejarah Hari Anak Nasional di Indonesia yang Ada di Bulan Juli

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sejarah Hari Anak Nasional di Indonesia yang Ada di Bulan Juli
Jul 22nd 2023, 19:53, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sejarah Hari Anak Nasional. Sumber: Pexels/Amina Filkins
Ilustrasi Sejarah Hari Anak Nasional. Sumber: Pexels/Amina Filkins

Fakta sejarah Hari Anak Nasional di Indonesia menunjukkan bahwa hari peringatan tersebut mulai berlangsung pada masa pemerintahan Presiden Soeharto di tahun 1984. Sejak tahun itu sampai dengan sekarang, hari peringatan tersebut masih tetap ada di Indonesia.

Hari Anak Nasional atau HAN di Indonesia diperingati setiap tanggal 23 Juli. Jadi, besok (23/07) adalah peringatan Hari Anak Nasional tahun yang ke-39, yakni terhitung sejak tahun 1984 sampai dengan tahun 2023.

Sejarah Hari Anak Nasional di Indonesia

Ilustrasi Sejarah Hari Anak Nasional. Sumber: Pexels/Eren Li
Ilustrasi Sejarah Hari Anak Nasional. Sumber: Pexels/Eren Li

Dikutip dari buku Kumpulan Buklet Hari Bersejarah I, Ayatrohaedi, dkk. (1994: 93), majalah Situasi Anak-Anak di Dunia edisi 1984 menguraikan bahwa negara Indonesia pada saat itu adalah negara kelima dengan penduduk terbesar di dunia.

Walaupun Indonesia pada masa itu termasuk negara dengan penduduk terbesar kelima di dunia, ternyata tingkat kematian di Indonesia cukup tinggi, terutama kematian anak balita. Balita adalah singkatan dari bawah lima tahun.

Salah satu penyebab utama kematian tersebut adalah sejumlah anak Indonesia menderita kekurangan gizi. Padahal anak merupakan generasi penerus bagi suatu bangsa, termasuk bangsa Indonesia.

Urgensi tersebut membuat pemerintah dan masyarakat melakukan berbagai macam usaha untuk meningkatkan kualitas kehidupan guna mencapai kesejahteraan yang ideal. Kondisi itulah yang kemudian menjadi salah satu cikal bakal sejarah Hari Anak Nasional.

Penetapan Hari Anak Nasional

Ilustrasi Sejarah Hari Anak Nasional. Sumber: Pexels/Lukas
Ilustrasi Sejarah Hari Anak Nasional. Sumber: Pexels/Lukas

Walaupun fakta menyebutkan bahwa Hari Anak Nasional atau HAN di Indonesia mulai ditetapkan pada tahun 1984, proses pencetusan hari tersebut sudah ada sejak tahun-tahun sebelumnya. HAN di Indonesia pertama kali dicetuskan pada tahun 1951.

Pencetusan HAN pertama kali itu dilakukan oleh Kongres Wanita Indonesia (KOWANI). Namun, proses perayaannya baru mulai dilaksanakan pada tahun 1952, yakni tahun ketika Presiden Soekarno masih menjabat.

Peringatan Hari Anak Nasional ditetapkan secara sah melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 44 Tahun 1984. Sejak saat itu, tanggal 23 Juli di setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Anak Nasional.

Dikutip dari buku Tanggal Merah, Ideas (2021: 56), tujuan dari Hari Anak Nasional adalah meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjaga hak-hak anak tanpa diskriminasi.

Baca juga: Waktu Peringatan Hari Anak-Anak Sedunia beserta Sejarah Singkatnya

Berdasarkan uraian di atas, dapat dipahami bahwa sejarah Hari Anak Nasional di Indonesia mempunyai proses yang panjang. Hal terpenting adalah masyarakat Indonesia bersama pemerintah perlu terus bekerja sama untuk mencapai tujuan Hari Anak Nasional. (AA)

Media files:
01h5ydrdxb92jj0ddz5e5dd8jh.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar