Search This Blog

Pengertian Demokrasi dalam Arti Umum dan Sempit

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian Demokrasi dalam Arti Umum dan Sempit
Jul 29th 2023, 19:31, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan pengertian demokrasi dalam arti umum - Sumber: pixabay.com/geralt
Ilustrasi jelaskan pengertian demokrasi dalam arti umum - Sumber: pixabay.com/geralt

Jika menemui pertanyaan jelaskan pengertian demokrasi dalam arti umum, sebaiknya berikan juga jawaban pengertian dalam arti sempitnya. Ini dilakukan agar dapat digunakan sebagai perbandingan arti atau pengertian demokrasi dengan lebih baik.

Demokrasi identik dengan kedaulatan rakyat. Di berbagai negara yang menerapkan konsep pemerintahan tersebut, rakyatlah pemegang kekuasaan yang sesungguhnya.

Jelaskan Pengertian Demokrasi dalam Arti Umum dan Sempit

Ilustrasi jelaskan pengertian demokrasi dalam arti umum - Sumber: pixabay.com/ornaw
Ilustrasi jelaskan pengertian demokrasi dalam arti umum - Sumber: pixabay.com/ornaw

Demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan di mana kekuasaan politik berada di tangan rakyat. Prinsip utama demokrasi adalah kedaulatan rakyat, yang berarti bahwa kekuasaan berasal dari rakyat dan dijalankan untuk kepentingan rakyat.

Dilihat dari pengertian dan prinsipnya, demokrasi bukan hanya sekadar sistem politik. Melainkan juga mencerminkan nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan penghargaan terhadap pluralitas masyarakat.

Agar lebih jelas dan mudah untuk memahaminya, inilah jawaban yang bisa diberikan saat mendapatkan pertanyaan jelaskan pengertian demokrasi dalam arti umum dan sempit.

1. Pengertian Demokrasi dalam Arti Umum

Demokrasi adalah suatu bentuk sistem pemerintahan saat kekuasaan dan pengambilan keputusan berada di tangan rakyat atau warganya. Dalam demokrasi, keputusan politik diambil melalui proses partisipatif.

Artinya seluruh warga negara memiliki hak untuk berpartisipasi dalam kegiatan pemerintahan. Mulai dari pemilihan umum, memberikan suara, hingga terlibat dalam proses pembuatan kebijakan.

Prinsip-prinsip demokrasi meliputi kesetaraan, kebebasan berpendapat, hak asasi manusia, kebebasan beragama, dan perlindungan hukum bagi semua warga negara.

2. Pengertian Demokrasi dalam Arti Sempit/Khusus

Demokrasi adalah bentuk sistem pemerintahan saat kekuasaan politik dipegang oleh mayoritas melalui pemilihan langsung atau pemilihan wakil secara reguler. Dalam konteks ini, demokrasi terfokus pada proses pemilihan umum dan pengakuan hak politik.

Demokrasi menekankan prinsip "kekuasaan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat,". Arti dari kalimat tersebut adalah bahwa warga negara memiliki peran aktif dalam menentukan perwakilan politik mereka.

Baca Juga: Ciri Khas Demokrasi Pancasila Dibandingkan dengan Demokrasi Lainnya di Dunia

Berdasarkan buku Pendidikan Kewarganegaraan, Maryanto, Penerbit Andi, negara yang menerapkan pemerintahan demokrasi menjamin kebebasan berpendapat, menghormati hak asasi manusia, dan mengakomodasi kepentingan semua warga negaranya.

Semua hal tersebut dilaksanakan tanpa memandang latar belakang atau pandangan politik. Jadi, berlaku aturan dan kebijakan yang sama bagi seluruh warga negara, tanpa adanya perbedaan.

Demikian ulasan sebagai jawaban untuk pertanyaan jelaskan pengertian demokrasi dalam arti umum dan sempit. Bisa dibilang bahwa demokrasi berusaha mencegah penyalahgunaan kekuasaan dan menciptakan pemerintahan yang akuntabel dan transparan. (DNR)

Media files:
01h6fsjhdtgmhqy5jbz78khh67.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar