Search This Blog

Kenali Sosok Pahlawan di Balik Koin Rupiah 500

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kenali Sosok Pahlawan di Balik Koin Rupiah 500
Jul 22nd 2023, 18:08, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Siapa Tokoh Yang Ada Di Balik Koin Rupiah 500, Foto: Unsplash/Filograph.
Ilustrasi Siapa Tokoh Yang Ada Di Balik Koin Rupiah 500, Foto: Unsplash/Filograph.

Bank Indonesia atau BI telah merilis banyak pecahan uang baru yang bisa digunakan untuk transaksi jual beli. Salah satunya adalah pecahan koin 500-an. Siapa tokoh yang ada di balik koin rupiah 500?

Sejumlah gambar tokoh pahlawan pun menghiasi uang-uang logam tersebut. Termasuk pecahan koin 500-an yang memiliki gambar pahlawan.

Sosok Pahlawan di Balik Koin Rupiah 500

Ilustrasi Siapa Tokoh Yang Ada Di Balik Koin Rupiah 500, Foto: Unsplash/AlisLuch.
Ilustrasi Siapa Tokoh Yang Ada Di Balik Koin Rupiah 500, Foto: Unsplash/AlisLuch.

Gambar pahlawan nasional yang tercetak di koin adalah cara untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa mereka dalam membela negara.

Banyak orang penasaran dengan siapa tokoh yang ada di balik koin rupiah 500? Tokoh pahlawan dalam uang logam 500 rupiah adalah Letnan Jenderal TNI Tahi Bonar Simatupang. Letnan Jenderal TNI Tahi Bonar Simatupang dikenal sebagai tokoh militer dan gereja di Indonesia.

Dikutip dari buku Indonesian Heroes Encyclopedia karya Ari Wijayanti (2020: 80), pada tahun 1953 Presiden Soekarno menunjuk Letnan Jenderal TNI Tahi Bonar Simatupang sebagai Kepala Staf Angkatan Perang Republik Indonesia (KASAP).

Penunjukan ini dilakukan sebagai pengganti dari Jenderal Soedirman yang telah wafat pada tahun 1950.

Sebagai Kepala Staf Angkatan Perang, Letnan Jenderal Tahi Bonar Simatupang memegang tanggung jawab atas koordinasi dan kepemimpinan dalam seluruh angkatan militer Republik Indonesia, termasuk Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Angkatan Darat. Jabatannya berada di bawah Menteri Pertahanan dan memiliki peran penting dalam mengawal pertahanan nasional.

Dengan penunjukan ini, Letnan Jenderal Tahi Bonar Simatupang menjadi sosok yang krusial dalam mengoordinasikan dan memimpin kekuatan militer Republik Indonesia untuk menjaga kedaulatan dan keamanan negara.

Setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, Bonar, panggilan akrabnya, bergabung dengan Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Ia aktif berpartisipasi dalam perjuangan melawan pasukan Belanda yang berusaha untuk merebut kembali wilayah bekas koloni mereka.

Sebagai penghormatan atas semua jasanya, pada tanggal 8 November 2013, Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono memberikan gelar pahlawan kepada Bonar Simatupang.

Kini, untuk mengenang peran pentingnya, namanya juga diabadikan sebagai salah satu nama jalan besar di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Sejarah Asal Usul Lahirnya Hari Bank Dunia

Sosok tokoh yang ada di balik koin rupiah 500 adalah Letnan Jenderal TNI Tahi Bonar Simatupang. Melalui keteguhan dan dedikasi mereka, Bonar dan para pejuang lainnya berperan penting dalam mempertahankan integritas negara dan mengusir pasukan Belanda. (Umi)

Media files:
01h5wmct6gba2vh2vggka6tbby.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar