Search This Blog

Fungsi dan Arti Penting Ideologi bagi Suatu Bangsa

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Fungsi dan Arti Penting Ideologi bagi Suatu Bangsa
Jul 22nd 2023, 20:57, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi pentingnya ideologi suatu bangsa adalah. Sumber: pexels/Pixabay
Ilustrasi pentingnya ideologi suatu bangsa adalah. Sumber: pexels/Pixabay

Pentingnya ideologi suatu bangsa dan negara adalah sebagai pembentuk identitas bagi bangsa dan negara. Ideologi dapat dipahami sebagai cara pikir seseorang atau paham, teori, dan tujuan yang mendasari berjalannya suatu negara.

Ideologi memiliki peranan penting bagi bangsa dan negara untuk mempertahankan eksistensinya. Masih banyak yang belum mengetahui pengertian ideologi serta fungsi dan arti pentingnya bagi bangsa dan negara.

Pentingnya Ideologi Suatu Bangsa

Ilustrasi pentingnya ideologi suatu bangsa adalah. Sumber: pexels/Cottonbro Studio
Ilustrasi pentingnya ideologi suatu bangsa adalah. Sumber: pexels/Cottonbro Studio

Mengutip buku Kewarganegaraan untuk SMP Kelas VIII oleh Mochlisin, S.Pd (2007: 5), secara bahasa istilah ideologi berasal dari kata idea yang memiliki arti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita, dan kata logos yang berarti ilmu.

Kata ideas berasal dari kata eidos yang berarti bentuk. Di samping itu, ada pula kata idein yang artinya melihat. Dalam pengertian sehari-hari, idea disamakan artinya dengan cita-cita. Ideologi mencakup pengertian tentang ide-ide, pengertian dasar, dan cita-cita.

Pengertian ideologi secara umum dapat dikatakan sebagai kumpulan gagasan, ide-ide, keyakinan, serta kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis yang menyangkut bidang politik, sosial, kebudayaan, dan keagamaan.

Ideologi negara dalam arti cita-cita negara atau cita-cita yang menjadi basis bagi suatu teori atau sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa pada hakikatnya mempunyai derajat tertinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan.

Mengutip buku Pendidikan Kewarganegaraan SMP/MTs kelas VIII Edisi 4, Dadang Sundawa, dkk (2008: 5), fungsi dan arti penting ideologi suatu negara adalah sebagai berikut:

  • Membentuk identitas suatu kelompok atau bangsa.

  • Ideologi berfungsi untuk mengatasi berbagai pertentangan (konflik) atau ketegangan sosial antar masyarakat.

  • Membentuk solidaritas atau rasa kebersamaan dengan mengangkat berbagai perbedaan ke dalam tata nilai yang lebih tingggi.

Ideologi membimbing suatu bangsa dan negara untuk mencapai tujuannya melalui berbagai realisasi pembangunan. Ideologi harus benar-benar mampu menampung aspirasi bangsa untuk mencapai tujuan dalam bermayarakat, berbangsa, dan bernegara. Untuk itu, ideologi harus bersifat dinamis, terbuka, antisipatif, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Baca juga: 7 Ciri-ciri Ideologi Terbuka beserta Contohnya

Itulah ulasan mengenai pentingnya ideologi suatu bangsa dan fungsi ideologi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semoga dapat menambah wawasan mengenai fungsi dan arti penting ideologi bagi suatu bangsa. (IND)

Media files:
01h5y3a99cyehscp27mvw8q0pf.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar