Search This Blog

Antonim Laten X beserta Kumpulan Antonim Lainnya dalam Bahasa Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Antonim Laten X beserta Kumpulan Antonim Lainnya dalam Bahasa Indonesia
Jul 22nd 2023, 19:54, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Antonim Laten X. Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio
Ilustrasi Antonim Laten X. Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio

Antonim laten x dalam bahasa Indonesia merupakan salah satu contoh soal dalam latihan tes kemampuan verbal. Beberapa orang yang mengerjakan latihan tersebut bisa saja mengalami kesulitan.

Kesulitan itu dapat terjadi karena beberapa penyebab. Salah satunya adalah karena tidak mengetahui arti dari kata yang dimaksud. Oleh sebab itu, setiap calon peserta tes kemampuan verbal perlu belajar untuk mengetahui arti dari setiap kata dalam bahasa Indonesia.

Arti dan Antonim Laten X

Ilustrasi Antonim Laten X. Sumber: Pexels/Artem Podrez
Ilustrasi Antonim Laten X. Sumber: Pexels/Artem Podrez

Antonim laten x adalah salah satu bentuk soal yang dapat muncul dalam materi latihan soal tes kemampuan verbal. Soal tentang antonim laten itu biasanya dituliskan dengan penulisan sebagai berikut:

  • Laten X ….; atau

  • Laten >< ….

Ketika mendapatkan soal seperti itu, seseorang perlu mengisi titik-titik tersebut dengan cara memilih kata yang paling tepat untuk menjadi antonimnya. Jadi, ketika mendapatkan soal laten x, seseorang harus memilih kata yang merupakan antonim dari laten.

Dikutip dari laman Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, kbbi.kemdikbud.go.id, arti laten adalah tersembunyi, terpendam, atau tidak kelihatan. Kemudian, masih dalam laman yang sama, arti antonim adalah kata yang berlawanan makna dengan kata lain.

Berdasarkan arti tersebut, dapat dipahami bahwa antonim laten adalah setiap kata yang berlawanan makna dengan tersembunyi, terpendam, atau tidak kelihatan. Kata-kata dalam bahasa Indonesia yang berlawanan makna dengan kata tersebut, yaitu:

  • jelas;

  • tampak;

  • terbuka;

  • terekspos; atau

  • terlihat.

Jadi, setiap orang dapat memilih salah satu dari kata jelas, tampak, terbuka, terekspos, atau terlihat untuk mengisi soal laten x. Hal tersebut tergantung dari pilihan dalam latihan soal tes kemampuan verbal yang setiap orang sedang kerjakan.

Kumpulan Antonim dalam Bahasa Indonesia

Ilustrasi Antonim Laten X. Sumber: Pexels/Zen Chung
Ilustrasi Antonim Laten X. Sumber: Pexels/Zen Chung

Calon peserta tes kemampuan verbal dapat melakukan berbagai macam cara untuk menambah pemahaman tentang kosakata yang berantonim. Salah satunya adalah membaca kumpulan antonim dalam bahasa Indonesia.

Dikutip dari buku Target Nilai 800 TPA Versi OTO Bappenas, Tim Garuda Eduka (2017: 20 – 22), berikut adalah beberapa pasangan antonim kata dalam bahasa Indonesia.

  1. Rapuh x Kukuh

  2. Layu x Mekar

  3. Terawang x Rapat

  4. Anggara x Jinak

  5. Arkais x Umum

  6. Urung x Jadi

  7. Gaduh x Tenang

  8. Tekun x Malas

Baca juga: Ulasan Antonim dan Sinonim Implisit dalam Bahasa Indonesia

Berdasarkan ulasan tentang antonim laten x dan kumpulan antonim dalam bahasa Indonesia, dapat dipahami bahwa penting bagi calon peserta tes kemampuan verbal untuk memahami arti serta lawan kata. Tujuannya, agar bisa menentukan jawaban antonim yang paling tepat. (AA)

Media files:
01h5ye15mt7whkq2n7vtdwdb82.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar