Search This Blog

Sinonim Boga dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Pembahasannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sinonim Boga dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Pembahasannya
Jun 10th 2023, 19:29, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sinonim Boga, Foto: Unsplash.
Ilustrasi Sinonim Boga, Foto: Unsplash.

Sinonim adalah persamaan kata atau kata yang memiliki makna yang sama. Salah satunya sinonim boga dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI memiliki beberapa persamaan dengan kata lainnya.

Dengan mempelajari sinonim ini akan membuat kepenulisan menjadi lebih bervariasi sehingga tidak monoton. Selain itu seseorang akan kaya akan kosa kata, sehingga pada saat berkomunikasi dengan orang lain akan lebih mudah.

Sinonim Boga dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

Ilustrasi Sinonim Boga, Foto: Unsplash.
Ilustrasi Sinonim Boga, Foto: Unsplash.

Dikutip dari buku Pengaruh Acara Cooking Show Bagi Mahasiswa Tata Boga karya Sofi Firani S.I.Kom, M.I.Kom (2020: 50), boga adalah pengetahuan di bidang seni mengolah makanan yang mencakup ruang lingkup makanan, mulai dari persiapan, pengolahan sampai dengan menghidangkan makanan itu sendiri yang bersifat traditional maupun internasional. Berbgaai prinsip dasar utama dan tata cara memasak yang umum dilaksanakan dibagian boga.

Di Indonesia, tata boga berkembang menjadi disiplin ilmu yang banyak di tawarkan oleh SK dan Sekolah Tinggi Pariwisata, di mana lulusan sekolah tersebut diarahkan untuk bekerja di industri perhotelan. Peminat skeolah tata-boga tidak hanya perempuan tetapi laki-laki juga, bisa kita lihat di tayangan-tayangan cooking show para juri dan pembawa acara lebih banyak lelaki dari pada perempuan.

Boga ini memiliki makna atau sinonim kata lainnya. Berikut adalah sinonim boga dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dan pembahasannya:

1. Santapan

Merujuk pada makanan atau hidangan yang disajikan dalam konteks yang lebih formal atau istilah yang lebih klasik. Sinonim ini menggambarkan konsep menyantap makanan secara puas dan meriah.

2. Pangan

Mengacu pada makanan secara umum yang digunakan sebagai sumber nutrisi dan energi bagi manusia. Sinonim ini menekankan aspek gizi dan keberadaan makanan sebagai kebutuhan dasar manusia.

3. Menu

Merujuk pada daftar makanan atau hidangan yang tersedia dalam suatu restoran, kafe, atau acara. Sinonim ini lebih spesifik dalam menggambarkan pilihan makanan yang tersedia.

4. Kuliner

Merujuk pada segala hal yang terkait dengan makanan, termasuk persiapan, penyajian, dan kegiatan kuliner lainnya. Sinonim ini lebih luas dalam cakupan dan melibatkan aspek budaya dan seni dalam dunia makanan.

5. Makanan

Makanan adalah bahan atau zat yang dikonsumsi oleh manusia atau hewan untuk memenuhi kebutuhan gizi, energi, dan pertumbuhan. Makanan dapat berupa makanan yang dimasak atau diolah, seperti nasi, daging, sayuran, atau buah-buahan, maupun makanan yang dikonsumsi dalam keadaan mentah atau segar, seperti salad atau buah-buahan.

Baca Juga: Pengertian Sinonim dan Sinonim Merujuk sesuai dengan KBBI

Demikian penjelasan mengenai sinonim boga dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang perlu diketahui. Dalam masyarakat modern, makanan juga menjadi objek kreativitas dan inovasi dalam industri kuliner. (Umi)

Media files:
01h2g4tc5y0xaqdh3cpvkb37m0.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar