Search This Blog

Respons Cepat Aduan di LaporGub, Ganjar Cek Perbaikan Sekolah-Jalan di Grobogan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Respons Cepat Aduan di LaporGub, Ganjar Cek Perbaikan Sekolah-Jalan di Grobogan
Jun 16th 2023, 09:15, by Tim kumparan, kumparanNEWS

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau langsung proses perbaikan bangunan di SDN 1 Karangweder dan jalan rusak di Kabupaten Grobogan. Foto: Dok. Istimewa
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau langsung proses perbaikan bangunan di SDN 1 Karangweder dan jalan rusak di Kabupaten Grobogan. Foto: Dok. Istimewa

Gubernur Jawa Tengah Jateng Ganjar Pranowo mendapatkan aduan sekolah dan ruas jalan rusak dari aplikasi LaporGub. Ganjar pun merespons cepat aduan itu dengan memproses perbaikannya.

Pada Kamis (15/6/2023) sore, Ganjar meninjau langsung proses perbaikan itu. Awalnya Ganjar mengecek bangunan di SDN 1 Karangweder, Kabupaten Grobogan.

Ganjar melihat berbagai kerusakan di SD tersebut, seperti atap-atap yang bolong hingga pintu yang lapuk. Ganjar pun menganggarkan Rp 1,5 miliar untuk membangun ulang sekolah tersebut, sementara kegiatan belajar mengajar dialihkan ke rumah para pengajar.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau langsung proses perbaikan bangunan di SDN 1 Karangweder dan jalan rusak di Kabupaten Grobogan. Foto: Dok. Istimewa
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau langsung proses perbaikan bangunan di SDN 1 Karangweder dan jalan rusak di Kabupaten Grobogan. Foto: Dok. Istimewa

Kemudian Ganjar mengecek perbaikan ruas Jalan Karangwader-Leyangan sepanjang 2,2 km. Mayoritas kerusakan sudah diperbaiki, tinggal 450 meter yang masih dalam proses pengerjaan.

Lalu Ganjar bertolak ke ruas Jalan Gadoh-Gunung Tumpeng. Perbaikan ruas jalan ini sudah selesai dan bisa gunakan masyarakat sehari-hari.

"Tugas kami ketika mendapat laporan, itu bagian dari kepedulian saja. Kalau komitmen pemerintah daerah 'Pak Gub sudah kita siapkan' oke siap, akan dibangun," kata Ganjar di lokasi.

Menurut Ganjar, semua aduan masyarakat dari aplikasi LaporGub atau media lain sangat membantu pemerintah. Khususnya untuk menemukan rekomendasi perbaikan dalam perencanaan pembangunan.

Oleh karena itu, kata Ganjar, pemerintah tidak perlu sensitif dengan aduan-aduan tersebut. Pihaknya, kata Ganjar, berkomitmen dan berupaya merespons aduan itu dengan cepat.

"Aduan masyarakat membantu. Kalau kita belum bisa merespons seketika, tidak apa-apa kita sampaikan kepada masyarakat ada tahapannya. Sehingga masyarakat teredukasi dengan baik bagaimana tahapannya sampai perencanaan pembangunan itu," tutur dia.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau langsung proses perbaikan bangunan di SDN 1 Karangweder dan jalan rusak di Kabupaten Grobogan. Foto: Dok. Istimewa
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau langsung proses perbaikan bangunan di SDN 1 Karangweder dan jalan rusak di Kabupaten Grobogan. Foto: Dok. Istimewa

Ganjar pun mengapresiasi Pemkab Grobogan yang sigap berkoordinasi dengan Pemprov Jateng untuk segera memproses perbaikan yang dibutuhkan masyarakat. Ganjar berharap sinergisitas pemerintah di setiap level bisa terus terjaga.

"Sekali lagi, semangat dan komitmennya bagus, maka relasi antara pusat, provinsi, dan kabupaten, kalau kita dalam garis yang sama insyaallah semuanya cepat," kata Ganjar.

LaporGub merupakan gebrakan yang diinisiasi Ganjar sejak periode pertamanya pada 2013. Saat itu, LaporGub berbasis website dan terus berkembang hingga bisa diakses multi platform. Mulai dari Web, WhatsApp, direct message (DM) di media sosial, serta SMS maupun hotline.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau langsung proses perbaikan bangunan di SDN 1 Karangweder dan jalan rusak di Kabupaten Grobogan. Foto: Dok. Istimewa
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau langsung proses perbaikan bangunan di SDN 1 Karangweder dan jalan rusak di Kabupaten Grobogan. Foto: Dok. Istimewa

Berdasarkan data terbaru Government Resource Management System (GRMS) Jateng, sejak 1 Januari 2022 hingga 31 Desember 2022 tercatat ada 22.980 aduan masyarakat yang masuk ke kanal LaporGub.

Dari jumlah tersebut, sejumlah 14.983 aduan atau 65,2 persen dapat diselesaikan, 4.927 aduan atau 21,4 persen dalam proses verifikasi, sebanyak 1895 aduan atau 8,24 persen dalam progres, serta 257 aduan atau 1,11 persen belum dijawab. Sisanya, 918 aduan atau 3,99 persen aduan masuk dalam kategori tidak layak, dikembalikan, spam, atau bukan wewenang Pemprov Jateng.

Sejak 1 Januari 2023 hingga 23 Februari 2023, LaporGub mencatat ada 3.829 aduan yang masuk. Dari jumlah tersebut, 1.980 aduan diselesaikan, 729 dalam proses verifikasi, serta 672 dalam progres. Sisanya, aduan belum dijawab, berisi spam, tidak layak atau bukan wewenang Pemprov Jateng.

(LAN)

Media files:
01h30zj2whm8zjp6058a4s264g.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar