Search This Blog

Lawan Kata Feminim dan Persamaannya menurut Ilmu Bahasa Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Lawan Kata Feminim dan Persamaannya menurut Ilmu Bahasa Indonesia
Jun 3rd 2023, 19:13, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Lawan Kata Feminim, Foto Unsplash Jan Kahanek
Ilustrasi Lawan Kata Feminim, Foto Unsplash Jan Kahanek

Feminim merupakan salah satu kata yang sering didengar di kehidupan sehari-hari saat berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Namun belum tentu semua orang mengetahui lawan kata feminim dan persamaannya.

Memahami dua hal tersebut sebenarnya mempunyai manfaat yang cukup penting di kehidupan, terutama di bidang kebahasaan. Salah satunya adalah dapat menambah pengetahuan kosakata sehingga bisa meningkatkan kemampuan kebahasaan.

Lawan Kata Feminim dalam Bahasa Indonesia

Ilustrasi Lawan Kata Feminim, Foto Unsplash Daniel Alvasd
Ilustrasi Lawan Kata Feminim, Foto Unsplash Daniel Alvasd

Lawan kata sering disebut sebagai antonim dalam bahasa Indonesia. Mengutip buku Top One Psikotes Terlengkap, Tim Bintang Psikologi (2019:21), menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), antonim adalah kata yang berlawanan makna dengan kata lain.

Jadi bila disesuaikan dengan pengertian di atas, berikut lawan kata feminim:

  1. Maskulin

  2. Pria

  3. Jantan

  4. Adam

  5. Laki-laki

  6. Lanang

  7. Lelaki

Bila kata-kata di atas diperhatikan, dapat diketahui bahwa semua kata-kata tersebut merujuk pada makna yang serupa. Hal ini disebabkan arti dari kata feminim itu sendiri yang berkaitan dengan perempuan.

Namun belum tentu semua kata-kata tersebut cocok digunakan dalam satu konteks saja. Oleh sebab itu, masyarakat perlu mengetahui dan menyesuaikan konteks dengan kata akan digunakan terlebih dahulu. Dengan demikian, komunikasi yang terjadi pun bisa lebih dipahami.

Persamaan Kata Feminim

Ilustrasi Lawan Kata Feminim, Foto Unsplash Debby Hudson
Ilustrasi Lawan Kata Feminim, Foto Unsplash Debby Hudson

Selain lawan kata, ada juga persamaan kata yang biasa disebut sinonim. Menurut Kitab Komplet Tes Masuk Kerja, Dylan Raytama, dkk (2018:52), sinonim adalah bentuk bahasa yang mempunyai makna atau arti yang sama atau hampir sama dengan bentuk bahasa lain maupun sepadan.

Jadi apa persamaan kata feminim? Berikut di antaranya:

  1. Kewanitaan

  2. Kesabaran

  3. Keibuan

  4. Kelembutan

  5. Keperempuanan

Kelima kata ini menjadi sinonim dari feminim karena mengacu pada arti kata yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun tidak semua kata-kata tersebut mempunyai makna yang sama sehingga perlu diketahui artinya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Arti kata-kata tersebut bisa diketahui di Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Hal ini disebabkan oleh keakuratan dan kelengkapan arti kosakata yang dimiliki oleh kamus tersebut.

Baca juga: Persamaan dan Lawan Kata Perlop dalam Bahasa Indonesia

Berbagai lawan kata feminim dan persamaannya di atas bisa dijadikan panduan saat berkomunikasi di kehidupan sehari-hari. Komunikasi yang terjadi pun bisa melalui verbal maupun tulisan. (LOV)

Media files:
01h20b5n03p2k95f9r4evg07e1.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar