Search This Blog

Koper-Bus Lansia Jadi Sorotan, Harus Ada Kebijakan Baru Jelang Puncak Haji

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Koper-Bus Lansia Jadi Sorotan, Harus Ada Kebijakan Baru Jelang Puncak Haji
Jun 11th 2023, 06:26, by Mirsan Simamora, kumparanNEWS

Suasana terminal bus Syib Amir dan Bab Ali usai jemaah haji salat di Masjidil Haram Foto: Ahmad Romadoni/kumparan
Suasana terminal bus Syib Amir dan Bab Ali usai jemaah haji salat di Masjidil Haram Foto: Ahmad Romadoni/kumparan

Tim Monitoring dan Evaluasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab menyoroti sejumlah hal dalam pelaksanaan haji. Temuan ini nantinya akan jadi rekomendasi untuk perbaikan kedepannya.

"Kami sudah nyatat dari tim money, berkunjung ke semua sektor, yamg paling banyak terutama tentang transportasi, penanganan kedatangan, hotel, terus inovasi apa untuk perbaikan, penanganan secara cepat, termasuk lansia," kata Anggota Tim Monitoring dan Evaluasi PPIH Arab Saudi, Sunanto alias Cak Nanto, Sabtu (10/6).

Sunanto menyebut, bus merupakan salah satu persoalan yang mesti dituntaskan. Pihaknya berharap kuota bus harus ditambah untuk menampung para lansia.

"Termasuk usulan bagaimana silaturahmi ke tempat-tempat lain, koper, bus, usulanya menarik. Ini jemaah belum full di Makkah, tapi silaturahmi sudah banyak ke sektor-sektor. Tapi mobil sektor cuma 1, tidak terlayani dengan baik agar segera ditangani, agar ada kebijakan baru. Tapi ini temuan baru semoga selalu tersosialiasi dengan baik

"Kami akan komunikasikan, segala hal, termask bus lansia, yang hanya 2, bisa ditangani dengan cepat, tapi kuota itu hanya muat 4, tidak seperti di bandara, itu bisa direkomendasikan, karena banyak jemaah pake kursi roda, kalau lansia dipetakan secara jelas, bisa terfokus pelayanan," tambahnya.

Persoalan lainnya, lanjut Cak Nanto yakni koper para lansia. Pihaknya meminta koper tidak bersamaan dengan jemaah saat dibawa karena akan merepotkan petugas haji.

"Termasuk masalah koper yang tidak bersamaan dengan jemaah, itu rekomendasi lama, karena bus tidak bisa nampung koper, kadang-kadang petugas maktab mengatur ini sampai jam 6, selebihnya petugas Indonesia, itu akan merepotkan petugas itu sendiri," pungkasnya.

Media files:
01h2gys68g9ycg4x6sjjw62s0v.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar