Search This Blog

Pentingnya Permainan Konstruktif Agar Anak Lebih Tangguh di Masa Depan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pentingnya Permainan Konstruktif Agar Anak Lebih Tangguh di Masa Depan
May 13th 2023, 19:11, by Nur Khafifah, kumparanMOM

Ilustrasi permainan anak Lego Bricks. Foto: Juliya Shangarey/Shutterstock
Ilustrasi permainan anak Lego Bricks. Foto: Juliya Shangarey/Shutterstock

Menurut psikolog dari Tiga Generasi Saskhya Aulia Prima, percepatan teknologi membuat anak harus mampu beradaptasi dan belajar dengan sangat cepat. Mereka juga perlu kreativitas dan inovasi tinggi.

"Tapi di sisi lain anak-anak rentan mengalami masalah kesehatan mental," ujar Saskhya dalam acara Lego Play Workshop bersama Lazada Indonesia di kantor Lazada, Jumat (12/5).

Sebagai psikolog, Saskhya mengaku senang saat ini semakin banyak orang yang peduli dengan kesehatan mental. Namun sayangnya justru banyak yang self diagnose atau melakukan diagnosa pribadi tanpa berkonsultasi dengan ahli.

Nah untuk mengatasi dampak dari percepatan teknologi itu, Saskhya menilai anak perlu lebih cepat beradaptasi dan lebih fleksibel dalam berpikir. Dengan begitu anak tidak stres berkepanjangan. Anak juga perlu melatih resiliensi.

Moms, resiliensi yang dimaksud Saskhya adalah kemampuan beradaptasi dengan perubahan, bangkit dari kesalahan, dan memecahkan rintangan atau tantangan dalam kehidupan. Sehingga anak bukan hanya tidak mudah menyerah, namun juga mampu bangkit dan beradaptasi lagi setelah melalui kegagalan.

Terlebih menurut World Economic Forum, 65 persen anak yang saat ini duduk di sekolah dasar (SD) akan menghadapi pekerjaan yang belum ada saat ini. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk memiliki kreativitas dan resiliensi dalam menghadapi perubahan.

"Menumbuhkan karakter yang resilien pada anak merupakan bekal yang sangat penting dalam menghadapi tantangan masa depan. Kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat dan bangkit dari kegagalan merupakan salah satu kunci keberhasilan hidup," kata Saskhya.

Saskhya menyebut, orang tua memainkan peran penting dalam melatih resiliensi anak-anak mereka. Misalnya, memberikan waktu berkualitas bersama keluarga dan menyediakan permainan yang mendukung, seperti constructive play.

"Constructive play dapat membantu mengembangkan kemampuan yang diperlukan untuk menghadapi masa depan," ujarnya.

Melalui permainan konstruktif seperti Lego, anak-anak dapat belajar dan mengembangkan kemampuan inovatif dan kreatif mereka dengan cara yang menyenangkan. Lazada, bekerja sama dengan The LEGO Group, menghadirkan solusi edukatif yang mendukung perkembangan anak-anak dan persiapan mereka menghadapi masa depan yang penuh tantangan.

Dini Ubaya, VP Strategic and Operation FMCG, LazMall, Lazada Indonesia, mengatakan, "Lazada berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan seluruh konsumen, termasuk pada kebutuhan hiburan dan edukasi bagi anak dan keluarga di Indonesia. Kami sangat bersemangat untuk berkolaborasi dengan The LEGO Group dalam memberikan akses produk yang tidak hanya menghibur, namun juga membantu mengembangkan kreativitas dan ketangguhan anak dalam membantu menyiapkan masa depan mereka,"

Akses produk tersebut bisa didapatkan melalui kanal LazMall, yang menjamin 100% keaslian produk dan garansi pengembalian barang dalam waktu 15 hari. Sebagai destinasi belanja online terlengkap di Asia Tenggara, LazMall menghadirkan lebih dari 32.000 brand lokal dan internasional. Dengan kanal khusus ini, konsumen dapat menemukan official store dari berbagai brand favorit mereka, serta memiliki pilihan produk yang lengkap dari berbagai kategori salah satunya pada kebutuhan rumah tangga, bayi dan ibu, tumbuh kembang anak, serta kebutuhan lainnya.

"Melalui LazMall, Lazada menghadirkan akses mudah dan terpercaya bagi konsumen untuk mendapatkan produk LEGO secara aman dan nyaman dengan jaminan pengiriman cepat dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Khususnya di LEGO LazMall Big Brand Day dengan tema 'Dream It, Build It', konsumen dapat memilih dari berbagai macam seri dan tema LEGO Vehicles, dan membuat mobil impian mereka menjadi kenyataan. Didukung dengan penawaran promosi dan diskon menarik bagi konsumen hanya di Lazada," tutup Dini.

Di LEGO LazMall Big Brand Day, konsumen dapat menikmati promo khusus untuk berbagai produk LEGO dengan harga terjangkau dengan diskon hingga 50%. Selain itu dengan pembelian kelipatan, konsumen bisa mendapatkan diskon tambahan hingga 12% dan hadiah LEGO gratis dengan jumlah minimal belanja tertentu. Dengan begitu, konsumen tidak hanya mendapatkan pengalaman belanja yang mudah, aman, dan menyenangkan namun juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengasah kreativitas dan kegigihan melalui permainan yang bernilai edukatif tinggi.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar