Search This Blog

Pengertian Publikasi dalam Pemasaran Barang Hasil Produksi Kerajinan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian Publikasi dalam Pemasaran Barang Hasil Produksi Kerajinan
Apr 8th 2023, 17:34, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi artikel Pengertian Publikasi dalam Pemasaran Barang Hasil Produksi Kerajinan. Sumber: pexels.com/Cottonbro Studio
Ilustrasi artikel Pengertian Publikasi dalam Pemasaran Barang Hasil Produksi Kerajinan. Sumber: pexels.com/Cottonbro Studio

Suatu kegiatan usaha mengenalkan barang hasil produksi kerajinan pada masyarakat luas disebut publikasi. Selain publikasi ada pula kegiatan pemasaran. Kedua kegiatan ini sangat penting dalam dunia usaha.

Dalam artikel berikut ini, kita akan menyimak pengertian publikasi dalam pemasaran barang hasil produksi kerajinan. Mengapa publikasi penting dalam pemasaran barang? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Suatu Kegiatan Usaha Mengenalkan Barang Hasil Produksi Kerajinan pada Masyarakat Luas Disebut Publikasi

Ilustrasi artikel Pengertian Publikasi dalam Pemasaran Barang Hasil Produksi Kerajinan. Sumber: pexels.com/Cottonbro Studio
Ilustrasi artikel Pengertian Publikasi dalam Pemasaran Barang Hasil Produksi Kerajinan. Sumber: pexels.com/Cottonbro Studio

Publikasi adalah kegiatan usaha yang termasuk dalam strategi pemasaran suatu produk. Dalam pemasaran barang hasil produksi, publikasi diperlukan untuk mendorong penjualan dan untuk membuat produk tersebut dikenal masyarakat luas.

Publikasi berkaitan erat dengan publisitas. Mengutip Buku Ajar Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0 oleh Achmad Rizal (2020: 75), publikasi dan publisitas memiliki arti yang hampir sama, yaitu pengumuman atau membuat menjadi umum. Dalam pemasaran barang, publikasi berarti suatu kegiatan mengumumkan sebuah barang hasil produksi pada masyarakat luas.

Buku tersebut juga menjelaskan bahwa istilah publikasi memiliki makna yang lebih luas dari publisitas. Pengumuman apa saja yang disebarkan dengan media adalah publikasi, sedangkan publisitas memiliki makna yang khas. Jadi, publisitas adalah publikasi namun publikasi belum tentu publisitas.

Contoh Publikasi dalam Pemasaran

Mengutip buku Kiat Sukses Berwirausaha oleh Sutrisno Iwantono (2002: 178), publikasi adalah berita-berita komersial yang diliput media massa yang dapat mendorong penjualan suatu barang hasil produksi. Contohnya, suatu produsen kerajinan batik mengeluarkan produk baru berupa tas batik, produsen tersebut membuat acara peluncuran produk baru kemudian mengundang media massa untuk meliput acara peluncuran tersebut.

Baca juga: Lingkungan Pemasaran Mikro: Pemasok, Penyalur, Pesaing, dan Konsumen

Acara peluncuran produk tas tersebut kemudian diliput di media. Dengan demikian, masyarakat luas dapat mengetahui produk tas yang baru saja diluncurkan melalui publikasi di media.

Publikasi suatu produk di media cetak biasanya dimuat dalam artikel advetorial. Selain melalui media massa, saat ini publikasi produk juga dapat dilakukan melalui media sosial.

Dari penjelasan tersebut kita dapat memahami peran publikasi dalam pemasaran barang hasil produksi kerajinan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda mengenai publikasi dalam pemasaran produk.(IND)

Media files:
01gxfj0xgwqhty4kcnz24xhfnr.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts