Search This Blog

Arti dan Lawan Kata Lebar Menurut KBBI

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Arti dan Lawan Kata Lebar Menurut KBBI
Apr 15th 2023, 18:04, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi lawan kata lebar - Sumber: https://pixabay.com/id/users/stocksnap-894430/
Ilustrasi lawan kata lebar - Sumber: https://pixabay.com/id/users/stocksnap-894430/

Apakah kamu tahu lawan kata lebar dalam bahasa Indonesia? Biasanya saat kita membahas mengenai lawan kata atau antonim, kita akan membahas juga tentang arti dari kata tersebut.

Seperti yang kamu sudah tahu, dalam bahasa Indonesia satu kosakata bisa saja memiliki banyak persamaan dan lawan kata. Semuanya juga sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, baik lisan maupun tulisan.

Arti Kata Lebar dalam KBBI

Sebelum mengetahui lawan kata lebar, sebaiknya kamu cari tahu terlebih dulu arti katanya. Satu hal yang pasti saat membahas mengenai lawan kata adalah kamu tidak akan bisa mengetahui lawan katanya bila tidak memahami artinya.

Ilustrasi lawan kata lebar - Sumber: https://pixabay.com/id/users/thorstenf-7677369/
Ilustrasi lawan kata lebar - Sumber: https://pixabay.com/id/users/thorstenf-7677369/

Kata lebar termasuk dalam adjektiva atau kata sifat. Arti kata lebar seperti yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah:

  • Luas

  • Lapang

  • Tidak sempit

Sementara beberapa kata yang menjadi turunan lebar, antara lain:

  • Melebar

  • Melebarkan

  • Memperlebar

  • Pelebaran

  • Selebar

Pengertian lebar adalah dimensi atau ukuran suatu objek atau benda dalam arah horizontal. Biasanya digunakan untuk mengukur seberapa jauh atau seberapa banyak ruang yang diisi oleh objek tersebut dalam arah horizontal.

Lebar sering kali diukur dalam satuan meter atau sentimeter dan didefinisikan sebagai dimensi yang sejajar dengan sisi yang lebih pendek atau dengan arah dari kiri ke kanan.

Lawan Kata Lebar

Dalam bahasa Indonesia, lawan kata sering disebut juga dengan antonim. Maksudnya adalah kata yang memiliki makna berlawanan atau kebalikan dengan kata lainnya.

Dikutip dari Tesaurus bahasa Indonesia: untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Umum, Wahyu Untara, 2012, beberapa kata yang menjadi lawan kata lebar adalah:

  • Sempit

  • Runcing

  • Kecil

Lawan kata atau antonim berfungsi untuk memberikan variasi dan nuansa yang lebih kaya dalam penggunaan bahasa. Dengan menggunakan lawan kata, kamu akan bisa menyampaikan ide atau informasi secara lebih jelas dan tepat. Karena antonim bisa membantu membedakan dan memperjelas makna kata yang digunakan.

Selain itu, penggunaan lawan kata juga dapat membantu meningkatkan kemampuan kosakata seseorang dan memperkaya keterampilan bahasa.

Baca Juga: Lawan Kata Proposisi dan Penjelasan Lengkapnya

Demikian tadi penjelasan singkat mengenai arti dan lawan kata lebar yang sesuai dengan KBBI. Semoga bermanfaat. (DNR)

Media files:
01gy1vfa3hn3vzjb6pga5t9n7g.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts