Search This Blog

Keutamaan Ramadhan yang Sangat Istimewa

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Keutamaan Ramadhan yang Sangat Istimewa
Mar 25th 2023, 17:03, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Keutamaan Ramadhan yang Sangat Istimewa (Foto: Artur Aldyrkhanov | Unsplash.com)
Ilustrasi Keutamaan Ramadhan yang Sangat Istimewa (Foto: Artur Aldyrkhanov | Unsplash.com)

Ramadhan 2023 sudah tiba dan umat Muslim dari seluruh penjuru dunia melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan. Ramadhan adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam karena bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat istimewa. Apa saja keutamaan Ramadhan?

Puasa adalah ibadah wajib yang dijalankan saat bulan Ramadhan. Selain wajib dijalankan, kita juga harus mengetahui apa saja keutamaan Ramadhan. Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadhan bagi Umat Muslim

Keutamaan Ramadhan

Ilustrasi Keutamaan Ramadhan (Foto: Masjid Pogung Dalangan | Unsplash.com)
Ilustrasi Keutamaan Ramadhan (Foto: Masjid Pogung Dalangan | Unsplash.com)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa. Al-Jibouri dan Maliki Tabrizi dalam Rahasia Puasa Ramadhan (2002) menjelaskan bahwa bulan suci Ramadhan secara langsung berkaitan dengan Allah SWT karena Ramadhan adalah satu-satunya bulan yang tertulis dalam Al-Quran.

"Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Quran sebagai petunjuk bagi umat manusia, dan sebagai penjelas dari petunjuk itu, dan sebagai pembeda (antara yang hak dan yang batil)." (QS Al-Baqarah : 185)

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan. Dikutip dari Ramadhan for Girls yang disusun oleh Yanti dan Kato (2007), keutamaan Ramadhan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mereka yang menjalankan ibadah puasa akan mendapatkan dua kegembiraan. Rasulullah bersabda:

"Bagi orang yang berpuasa dua kegembiraan, kegembiraan ketika ia berbuka serta kegembiraan ketika ia menemui Robbnya." (HR Bukhari dan Muslim)

2. Puasa merupakan ibadah rahasia antara hamba dan Tuhannya. Karena tidak ada yang bisa menjamin kejujuran orang yang sedang berpuasa kecuali dirinya sendiri di hadapan Allah SWT. Allah SWT berfirman:

"Setiap amalan anak Adam untuk dirinya, kecuali puasa. Ia adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya." (HR Bukhari dan Muslim)

3. Ibadah puasa Ramadhan menjadi jaminan pengampunan dosa bagi yang bersungguh-sungguh saat menjalankan ibadah puasanya. Hal ini sesuai dengan kabar dari Rasulullah:

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap ridho Allah semata, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR Bukhari dan Muslim)

4. Ramadhan juga menjadi waktu khusus terijabahnya doa. Mereka yang melaksanakan puasa Ramadhan dan berdoa pada waktu tersebut, maka doa tersebut akan diijabah. Rasulullah bersabda:

"Sesungguhnya orang yang berpuasa pada saat berbuka mempunyai waktu di mana doanya tidak tertolak." (HR Ibnu Majah)

Sekian ulasan mengenai keutamaan Ramadhan. Semoga semua ibadah dan doa kita pada bulan suci ini diterima. (KRIS)

Media files:
01gwbqyqjn7pr794r9st4rj0f2.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar