Search This Blog

Indikator: Elektabilitas Gerindra-NasDem Meningkat, Perindo Salip PPP-PAN

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Indikator: Elektabilitas Gerindra-NasDem Meningkat, Perindo Salip PPP-PAN
Mar 26th 2023, 16:11, by Annisa Thahira Madina, kumparanNEWS

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat datang ke acara HUT Partai Gerindra ke-15 di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan pada Senin (6/1).    Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat datang ke acara HUT Partai Gerindra ke-15 di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan pada Senin (6/1). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Survei Indikator Politik terbaru menunjukkan elektabilitas Gerindra naik signifikan di posisi kedua dengan 14%. PDIP masih ada di puncak elektabilitas parpol dengan 23,5% suara.

Gerindra naik dari 11,8% di Februari ke 14% di Maret 2023. Sedangkan PDIP turun dari 25,9% pada Februari 2023.

"Elektabilitas per hari ini PDIP sedikit turun, Gerindra meningkat tajam dari 11% ke 14%. Mungkin karena Prabowo meningkat. Golkar turun. Demokrat stabil," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi dalam paparan rilis survei Minggu (26/3).

Burhan melanjutkan, NasDem juga mengalami kenaikan signifikan. Menurutnya, NasDem bahkan meraih elektabilitas tertinggi dalam 2 tahun terakhir dengan 6,4% suara.

Begitu juga elektabilitas PKS naik signifikan dari 4,2% (Februari) ke 5,8% (Maret).

Elektabilitas partai. Foto: Indikator
Elektabilitas partai. Foto: Indikator

Di sisi lain, sejumlah partai parlemen cenderung stagnan dan menurun, seperti PPP (2,3%) dan PAN (2,1%). Keduanya bahkan disalip oleh partai nonparlemen, Perindo yang meraih 2,4%.

"Trennya, NasDem mengalami peningkatan tajam. Elektabilitas NasDem 6,4% ini tertinggi dalam sejarah NasDem jelang pemilu. NasDem sudah dapat insentif positif dari pencapresan Anies. Tapi Anies belum dapat momentum pascadeklarasi. Sempet dapat momentum di November 2022, tapi melemah," ujar Burhan.

"Basis partai, PDIP sebagian besar ingin Ganjar. Gerindra ada 24,4% yang ingin Anies. Golkar 38,1% ingin Anies, Ganjar 15,8%, Prabowo 18,3%. Pemilih Demokrat 23% ingin Anies, AHY 14%, Ganjar 16,6%, Ridwan Kamil 18%," tandas dia.

Elektabilitas partai. Foto: Indikator
Elektabilitas partai. Foto: Indikator

Survei Indikator digelar 9-16 Februari 2023 dengan jumlah sampel basis sebanyak 1.220 orang, dan 12-18 Maret dengan sampel 800 orang. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Toleransi kesalahan (margin of error/MoE) sekitar ±3,5% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Media files:
01grjeyvwebqwbe3mgsbqxq2gj.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar