Search This Blog

5 Pahala Puasa Ramadhan menurut Ajaran Islam

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
5 Pahala Puasa Ramadhan menurut Ajaran Islam
Mar 25th 2023, 17:58, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi pahala puasa Ramadhan. Sumber: www.unsplash.com.
Ilustrasi pahala puasa Ramadhan. Sumber: www.unsplash.com.

5 pahala puasa Ramadhan adalah pahala yang diberikan kepada umat Islam yang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Pahala puasa Ramadhan sangat besar karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, di mana pahala dari setiap amal kebaikan dilipatgandakan.

Oleh karena itu, penting bagi umat Islam agar memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan ibadah dan kebaikan, serta meraih pahala yang besar di bulan Ramadan.

Baca juga: Niat Mandi Sebelum Puasa Ramadhan untuk Mandi Wajib

5 Pahala Puasa Ramadhan

5 pahala puasa Ramadhan yang disarikan dari buku Misteri Bulan Ramadhan (2006) yang ditulis oleh Yusuf Burhanudin yaitu:

  1. Diberikan ampunan dosa. Imam Bukhari meriwayatkan dua hadis, yang isinya pemberian ampunan terhadap semua dosa kecil yang telah lalu dengan syarat menjalankan puasa Ramadhan dan selalu menjalankan salat tarawih.

  2. Menjaga diri dari api neraka. Dalam HR Bukhari disebutkan bahwa puasa Ramadhan memberikan dua kebahagiaan, yaitu ketika berbuka puasa dan sebagai tabungan pahala untuk menghadap Allah SWT kelak. Orang yang berpuasa akan dijauhkan dari api neraka dan akan masuk surga melalui pintu khusus yang disebut pintu Rayyan.

  3. Mendapat pahala setara dengan ibadah selama seribu bulan. Selama Ramadhan banyak ibadah-ibadah lain yang sangat dihargai Allah SWT. Pahala tersebut antara lain akan diberikan kepada yang berhasil meraih lailatulqdr, malam yang lebih baik dari seribu bulan.

  4. Mendapat pahala selayaknya puasa selama setahun. Pahala ini diberikan kepada mereka yang menuntaskan puasa Ramadhan lalu diiringi dengan puasa Syawal selama 6 hari, seperti yang disebutkan dalam hadis riwayat Muslim. Ini sebagai penegasan bahwa telah selesainya Ramadhan bukan akhir segalanya, melainkan harus diteruskan dengan perbuatan baik lainnya.

  5. Tabungan pahala di akhirat. Puasa Ramadhan membantu umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, yang antara lain diwujudkan dengan menolong sesama. Pahala yang didapat dari menolong sesama akan menyelamatkan umat Islam dari protes orang-orang lemah di akhirat, yang bisa mencelakakan umat Islam.

Puasa Ramadhan yang Berpahala Besar

Ilustrasi pahala puasa Ramadhan. Sumber: www.unsplash.com.
Ilustrasi pahala puasa Ramadhan. Sumber: www.unsplash.com.

Puasa yang berpahala besar adalah puasa yang penuh amal saleh dan bersungguh-sungguh dalam memperbanyak zikir dan beribadah kepada-Nya, serta mampu mengubah kebiasaan jelek orang yang melaksanakan puasa tersebut.

Pahala puasa Ramadhan yang besar hanya akan diberikan jika puasa tersebut dilakukan dengan ikhlas dan tulus sebagai ibadah kepada Allah SWT. Oleh karena itu, pada Ramadhan 2023 kali ini, umat Islam perlu memperhatikan kembali niat dan kualitas ibadah puasanya agar mendapatkan pahala yang diinginkan. (LUS)

Media files:
01gwayswsayj71yhppcn0hqdhm.png (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts