Search This Blog

Nilai-Nilai Luhur yang Terkandung dalam Sumpah Pemuda

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Nilai-Nilai Luhur yang Terkandung dalam Sumpah Pemuda
Feb 25th 2023, 17:13, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda, sumber foto Mufid Majnun on Unsplash
Ilustrasi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda, sumber foto Mufid Majnun on Unsplash

Sumpah Pemuda merupakan sebuah peristiwa yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, pasalnya Sumpah Pemuda dibuat untuk menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda. Pada artikel ini akan menjelaskan mengenai jawaban dari pertanyaan sebutkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.

Baca juga: Mengenal Nama Organisasi Pemuda Setelah Sumpah Pemuda Dicetuskan

Sebutkan Nilai-Nilai Luhur Yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda

Ilustrasi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda, sumber foto Mufid Majnun on Unsplash
Ilustrasi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda, sumber foto Mufid Majnun on Unsplash

Sebelum membahas mengenai nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda, maka kalian harus tahu lebih dulu mengenai bunyi dari Sumpah Pemuda. Dikutip dari buku Makna Sumpah Pemuda karya Sri Sudarmiyatun, (2012) dijelaskan bahwa bunyi sumpah pemuda adalah sebagai berikut.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dari pernyataan tersebut ada banyak sekali nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya dan pastinya dapat diterapkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Berikut ini nilai-nilai luhur yang bisa diterapkan.

Nasionalisme

Sumpah Pemuda menegaskan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Semangat nasionalisme yang terkandung dalam Sumpah Pemuda mengajarkan kita untuk mencintai tanah air Indonesia, menjunjung tinggi kebhinekaan, dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Persatuan

Sumpah Pemuda mengajarkan kita bahwa persatuan adalah kunci keberhasilan bangsa Indonesia. Persatuan yang dimaksud adalah persatuan antar suku, agama, dan budaya. Dalam Sumpah Pemuda, pemuda-pemuda Indonesia bersatu untuk memperjuangkan satu bangsa, satu bahasa, dan satu tanah air.

Kerja Sama

Sumpah Pemuda mengajarkan pentingnya kerja sama dalam mencapai tujuan bersama. Pemuda-pemuda Indonesia pada saat itu tidak hanya bersatu dalam satu organisasi, tetapi juga bekerja sama untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Toleransi

Sumpah Pemuda mengajarkan pentingnya toleransi antar suku, agama, dan budaya. Pemuda-pemuda Indonesia pada saat itu memiliki latar belakang sosial, agama, dan budaya yang berbeda-beda, tetapi mereka mampu saling menghormati dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Kebersamaan

Sumpah Pemuda mengajarkan pentingnya kebersamaan dalam menghadapi tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Kebersamaan yang dimaksud adalah kebersamaan antar pemuda Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Kejujuran

Sumpah Pemuda mengajarkan pentingnya kejujuran dalam berbicara dan bertindak. Pemuda-pemuda Indonesia pada saat itu tidak hanya berjanji untuk bersatu, tetapi juga berjanji untuk menjunjung tinggi kejujuran dan kebenaran.

Semangat Patriotisme

Sumpah Pemuda mengajarkan semangat patriotisme yang tinggi. Semangat patriotisme yang dimaksud adalah semangat untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan cinta pada tanah air Indonesia.

Demikian adalah pembahasan mengenai jawaban dari pertanyaan sebutkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sumpah pemuda. (WWN)

Media files:
01gt3nrwwe0ppqbeqm6w8dmakv.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar