Search This Blog

BPS Catat Kenaikan Harga Beras di 147 Wilayah hingga Pekan Ketiga Februari 2023

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
BPS Catat Kenaikan Harga Beras di 147 Wilayah hingga Pekan Ketiga Februari 2023
Feb 25th 2023, 15:39, by Nicha Muslimawati, kumparanBISNIS

Calon pembeli melihat berbagai jenis beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jatinegara, Jakarta, Senin (7/11/2022). Foto: Galih Pradipta/Antara Foto
Calon pembeli melihat berbagai jenis beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jatinegara, Jakarta, Senin (7/11/2022). Foto: Galih Pradipta/Antara Foto

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga beras di 147 kabupaten/kota di Indonesia naik pada pekan ketiga Februari 2023. Kenaikan harga beras ini dikhawatirkan akan menjadi pendorong inflasi bulan ini.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bagian Pertanian, Kadarmanto, mengatakan bahwa kenaikan harga beras tertinggi terjadi di Kabupaten Malinau Kalimantan Utara (Kaltara). Sepuluh kabupaten/kota dengan potensi kenaikan harga beras tertinggi antara lain Ende (NTT), Sumba Tengah (NTT), Probolinggo (Jatim), Malinau (Kaltara), Lombok Timur (NTB).

"Kemungkinan besar, puncak panen padi akan terjadi pada bulan Maret 2023, yang tentunya akan menambah stok beras yang bertepatan dengan bulan Ramadhan. Seharusnya stok beras aman menjelang Ramadhan dan Idul Fitri," ujar Kadarmanto kepada kumparan, Sabtu (25/2).

Kadarmanto tidak menampik, tingginya harga beras di pasaran merupakan imbas dari buruknya cuaca. Hal ini juga menyebabkan beras petani tidak optimal. Namun, ia meyakinkan harga akan segera turun pada Maret nanti.

"Panen di bulan Maret terpantau dengan cuaca yang lebih mendukung, dan hasil panen petani diperkirakan lebih optimal. Sehingga harga beras akan turun seiring melimpahnya produksi gabah dan beras," tuturnya.

Berdasarkan pantauan kumparan di Pasar Beras Induk Cipinang, Jumat (25/2), Harga beras hingga saat ini masih melonjak. Bahkan, harga beras medium I tembus Rp 15.000 per kilogram di sejumlah provinsi. Ketua Umum Koperasi Pasar Beras Induk Cipinang, H. Zulkifli Rasyid mengatakan harga beras medium tinggi di pasaran karena stoknya yang sangat menipis.

"Beras harganya sempat tinggi memang, apalagi beras medium yang sampai Rp 13.000 atau Rp 15.000 per kilogram nya. Lantaran memang stok berasnya kosong," ujar Zulkifli kepada kumparan saat ditemui di pasar Beras Induk Cipinang.

Media files:
01gh8q8ta2ej95enp56bdbext0.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar