Search This Blog

Populasi Penduduk India Bakal Melonjak di 2030, Untung atau Buntung?

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Populasi Penduduk India Bakal Melonjak di 2030, Untung atau Buntung?
Sep 8th 2024, 19:00, by Ema Fitriyani, kumparanBISNIS

Warga India berbelanja di pasar yang ramai menjelang festival Diwali di New Delhi, India. Foto: Anushree Fadnavis/REUTERS
Warga India berbelanja di pasar yang ramai menjelang festival Diwali di New Delhi, India. Foto: Anushree Fadnavis/REUTERS

India merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Berdasarkan data World Population Review ,hingga 1 Agustus 2024, jumlah penduduk di India mencapai 1.442.857.230 orang dari total jumlah manusia di bumi yang sudah mencapai lebih dari 8 miliar jiwa.

Mengutip Bloomberg, pada tahun 2030, satu dari setiap lima orang usia kerja di Bumi akan menjadi orang India. Proyeksi tersebut menjadi salah satu alasan sejumlah ekonom dunia menyebut India sebagai mesin pertumbuhan ekonomi global terbesar.

Secara umum, hanya ada dua cara untuk mengerek pertumbuhan ekonomi. Antara lain dengan menambah pekerja atau meningkatkan output per pekerja.

"India memiliki lebih banyak ruang lingkup untuk melakukan keduanya di tahun-tahun mendatang daripada di tempat lain," tulis laporan Bloomberg, Minggu (8/9).

Perdana Menteri Narendra Modi mengaku sudah melakukan banyak cara untuk mengerek pertumbuhan ekonomi negaranya. Tercermin dari kinerja pembangunan infrastruktur yang akhirnya menarik investasi asing. Di samping itu, bonus demografi yang akan terjadi di India, akan menimbulkan sejumlah tantangan baru.

"India perlu menciptakan sedikitnya 115 juta lapangan kerja baru pada tahun 2030. Sebuah tugas yang sangat berat," kata laporan Bank Investasi Natixis.

Tak hanya itu, pemerintah juga perlu mengatasi antipati yang mengakar kuat terhadap partisipasi perempuan dalam angkatan kerja. India juga perlu mengalihkan lebih banyak pekerja ke sektor formal, yang sekarang hanya sekitar 10 persen dari angkatan kerja.

Dengan partainya yang kehilangan mayoritas parlemen dalam pemilihan tahun ini, Modi harus bekerja keras.

Perdana Menteri India Narendra Modi yang baru dilantik selama upacara pengambilan sumpah di istana presiden Rashtrapati Bhavan, New Delhi, India, Minggu (9/6/2024). Foto: Money SHARMA / AFP
Perdana Menteri India Narendra Modi yang baru dilantik selama upacara pengambilan sumpah di istana presiden Rashtrapati Bhavan, New Delhi, India, Minggu (9/6/2024). Foto: Money SHARMA / AFP

Bloomberg melaporkan, di Lucknow, Ibu Kota Uttar Pradesh, ada ratusan pria dan wanita muda berbaris di tengah teriknya musim panas. Mereka semua memegang kertas lamaran. Mereka berbondong-bondong melamar menjadi pekerja kontrak satu tahun dengan gaji sekitar 15.000 rupee atau setara dengan Rp 2.760.790 per bulan (kurs Rp 184).

Sayangnya, peluang pekerjaan kontrak itu tidak berpihak pada mereka. Sejak awal masa jabatan Modi hingga akhir Maret 2022, sekitar 220 juta orang melamar pekerjaan federal, hanya 722.000 yang direkrut.

"Bonus demografi ini dapat dengan mudah menjadi kutukan demografi jika kesenjangan pasar tenaga kerja tidak ditangani dengan baik," kata Devashish Mitra, seorang profesor ekonomi di Universitas Syracuse di New York yang telah berkonsultasi dengan lembaga multilateral seperti Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia.

Mitra menyebut, semakin besar keterlambatan dalam penciptaan lapangan kerja, maka semakin banyak pula lapangan kerja yang perlu diciptakan di masa mendatang.

Warga menghadiri kampanye pemilihan majelis legislatif negara bagian Bengal Barat di distrik Shibmandir, Siliguri, India, Rabu (14/4).  Foto: Diptendu DUTTA / AFP
Warga menghadiri kampanye pemilihan majelis legislatif negara bagian Bengal Barat di distrik Shibmandir, Siliguri, India, Rabu (14/4). Foto: Diptendu DUTTA / AFP

Hingga Maret 2024, tingkat pengangguran keseluruhan rata-rata berada di level 8,05 persen atau naik dari 7,56 persen secara tahunan.

"Setelah tahun 2040, jumlah penduduk usia kerja akan lebih sedikit daripada penduduk usia non-kerja," kata Kepala Pusat Ketenagakerjaan Berkelanjutan Universitas Azim Premji, Amit Basole.

"Jika saat itu kita belum menjadi negara berpendapatan menengah , ini adalah masalah serius yang harus kita hadapi karena kita tidak tahu bagaimana cara menghidupi begitu banyak orang yang menjadi tanggungan kita," pungkasnya.

Media files:
xmurpsdujtin8kfnrtbo.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar