Search This Blog

2 Contoh Kata Sambutan 17 Agustus 2024 di Lingkungan Masyarakat

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
2 Contoh Kata Sambutan 17 Agustus 2024 di Lingkungan Masyarakat
Aug 17th 2024, 05:03, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sambutan 17 Agustus 2024  Sumber Unsplash/Syahrul Wahid
Ilustrasi Sambutan 17 Agustus 2024 Sumber Unsplash/Syahrul Wahid

Salah satu susunan acara pada peringatan Hari Kemerdekaan adalah kata sambutan. Teks kata sambutan 17 Agustus 2024 menjadi salah satu yang disiapkan oleh panitia acara kemerdekaan.

Berdasarkan buku Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, Husniah Pulungan (2023:28), kata sambutan merupakan kata yang selalu ada dalam sebuah acara. Kata sambutan digunakan sebagai pembuka atau untuk mengawali suatu acara.

2 Contoh Kata Sambutan 17 Agustus 2024

Ilustrasi Sambutan 17 Agustus 2024  Sumber Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Sambutan 17 Agustus 2024 Sumber Unsplash/Mufid Majnun

Kata sambutan dalam peringatan 17 Agustus berisi renungan kemerdekaan. Diambil dari buku Ahli Berbicara, Suhada Martakim (2020:94), berikut adalah 2 contoh teks sambutan 17 Agustus 2024.

Teks 1:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di lapangan ini tanpa ada halangan, untuk mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Sudah 79 tahun kita merdeka dari penjajahan. Tak terasa bahwa negara kita ini mengalami banyak perkembangan yang begitu pesat, hingga kita hampir kewalahan dalam mengikuti perkembangannya.

Seharusnya, peringatan hari kemerdekaan ini dapat dijadikan momen untuk meningkatkan adaptasi kita terhadap perkembangan zaman, sebagai bentuk renungan atas jasa dan perjuangan para pahlawan, sekalipun merenungkan kembali perkembangan bagaimana kondisi negara ini.

Apakah dengan hanya merdeka seperti yang dikatakan, kita sudah sepenuhnya bisa mengikuti perkembangan zaman dan tetap merdeka? Atau justru malah terjajah secara tidak langsung?

Sayangnya, momen hari kemerdekaan terjadinya hanya dirayakan dengan berbagai lomba dan acara perayaan semata, padahal jika dicermati beberapa tidak berhubungan dengan filosofi perjuangan atau kemerdekaan negara ini.

Mungkin memang sudah menjadi hal yang lumrah jika mengadakan lomba atau perayaan untuk memperingatinya. Namun, lebih baik lagi jika hal tersebut bisa dijadikan tempat untuk merenungi bagaimana jasa para pahlawan, serta kemerdekaan negara yang kita cintai ini.

Untuk itu, mari kita bersama-sama, bahu membahu mengisi masa kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya. Manfaatkan udara kebebasan yang kita nikmati bersama dengan hal-hal positif.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Teks 2:

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak/Ibu serta seluruh warga yang saya hormati,

Pada malam hari ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan rahmat dan karunia-Nya, kita masih diberikan kesempatan dan kesehatan sehingga dapat hadir dalam syukuran peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Hadirin sekalian yang saya cintai,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja sama, dan berusaha melaksanakan segala serangkaian kegiatan sehingga dapat berjalan dengan baik.

Maka dari itu, di momen yang berbahagia ini, mari kita kenang kembali jasa para pahlawan yang berhasil menuntun kita pada gerbang kemerdekaan negara, sehingga kita bisa terbebas dari belenggu penjajahan dan mampu berkumpul di tempat ini.

Selain itu, mari kita jadikan momen hari kemerdekaan ini sebagai ajang untuk merevolusi dan merencanakan kontribusi nyata apa yang akan kita lakukan agar kemerdekaan kita tetap terjaga, agar negara ini damai. Kita berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa agar kemerdekaan ini dapat dirasakan hingga anak cucu kita nanti.

Mungkin hanya itu saja yang bisa disampaikan pada pidato kali ini. Semoga bermanfaat untuk semuanya. Mohon dimaafkan jika ada kata-kata yang menyinggung atau salah ucap dalam pidato yang saya utarakan tadi, karena kesempurnaan hanyalah milik-Nya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca juga: Contoh Teks Doa 17 Agustus 2024 yang Singkat

Demikian 2 contoh kata sambutan 17 Agustus 2024 di lingkungan masyarakat. Isi sambutan dapat disesuaikan dengan peserta acara peringatan Hari Kemerdekaan yang diadakan.(DK)

Media files:
01j5dh00845pzdzyp87tmrcmjz.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar