Search This Blog

Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 178 Kurikulum Merdeka

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 178 Kurikulum Merdeka
Mar 22nd 2024, 21:02, by Berita Terkini, Berita Terkini

Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 178 Kurikulum Merdeka . Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Aaron Burden
Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 178 Kurikulum Merdeka . Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Aaron Burden

Mengerjakan latihan soal kemudian mencocokkannya dengan kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 8 halaman 178 Kurikulum Merdeka merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan ujian. Mengerjakan soal bisa membuat siswa mengenali bentuk-bentuk soal.

Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan karena semakin banyak mengerjakannya, maka siswa semakin mengetahui pola, jenis dan jawaban dari soal yang ada. Mengerjakan soal kemudian mencocokan dengan kunci jawaban juga menjadi metode belajar yang terarah.

Soal serta Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 178 Kurikulum Merdeka untuk Bahan Belajar

Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 178 Kurikulum Merdeka . Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Kelly Sikkema
Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 178 Kurikulum Merdeka . Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Kelly Sikkema

Soal yang ada pada halaman 178 Kurikulum Merdeka untuk kelas 8 membahas mengenai teks pidato. Di mana pada halaman ini siswa harus mampu menganalisis dan menemukan berbagai fakta dan data yang ada dalam teks pidato.

Berikut ini adalah soal dan kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 8 halaman 178 Kurikulum Merdeka dikutip dari buku Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VIII, Maya Lestari Gusfitri, Elly Delfia (2021).

Soal

Kalian sudah membaca teks pidato "Masalah Sampah". Temukan informasi yang bersifat fakta dan data dalam teks pidato tersebut dan tuliskan di dalam tabel berikut!

Kunci Jawaban:

Fakta

  • Setiap orang menghasilkan sampah yang tidak sedikit jumlahnya. Sampah tersebut berupa sampah organik dan sampah anorganik.

  • Sampah telah menjadi masalah yang mengkhawatirkan dalam kehidupan masyarakat saat ini.

  • Membuang sampah sembarangan di tempat yang tidak seharusnya adalah perilaku yang tidak terpuji.

  • Selokan tersumbat akibat banyaknya sampah dibuang sembarangan, yang kemudian dapat menyebabkan banjir.

  • Sampah anorganik merusak unsur hara pada tanah dan akan membutuhkan waktu lama untuk dapat terurai, hal ini termasuk menyebabkan banjir dan merusak ekosistem laut.

Data

  1. Sampah organik paling banyak adalah sisa makanan dan tumbuhan, diikuti oleh sampah anorganik, seperti plastik, kertas, kaleng, kaca, dan botol minuman.

  2. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan bahwa jumlah timbunan sampah tingkat nasional sebesar 175.000 ton/hari atau setara 64 juta ton/tahun dengan asumsi sampah yang dihasilkan setiap orang sebesar 0,7 kg per hari.

  3. Sampah dapat menyebabkan pendangkalan pada sungai. Saat hujan deras turun, pendangkalan ini akan menyebabkan meluapnya air hingga naik ke pemukiman warga.

  4. Suatu bencana yang akan timbul bila masyarakat membuang sampah sembarangan, contoh nyata adalah banjir.

  5. Sampah dapat merusak ekosistem laut jika sampah sampai di laut. Contohnya adalah rusaknya terumbu karang, matinya biota laut, dan matinya ikan.

Baca juga: Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 184

Soal dan kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 8 halaman 178 di atas bisa dijadikan panduan saat belajar. Semakin banyak mengerjakan soal, maka siswa akan semakin siap menghadapi ujian. (WWN)

Media files:
01hsjmk556zj1v8sa5c2x4sfsx.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar