Search This Blog

10 Akibat dari Kebiasaan Merokok bagi Manusia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
10 Akibat dari Kebiasaan Merokok bagi Manusia
Dec 2nd 2023, 19:45, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jelaskan akibat dari kebiasaan merokok, Sumber: Pexels/cottonbro studio
Ilustrasi Jelaskan akibat dari kebiasaan merokok, Sumber: Pexels/cottonbro studio

Jelaskan akibat dari kebiasaan merokok! Kebiasaan merokok memiliki dampak serius terhadap kesehatan manusia, memberikan konsekuensi yang luas dan berpotensi fatal. Asap rokok mengandung ribuan zat kimia berbahaya, termasuk nikotin.

Merokok secara langsung terkait dengan peningkatan risiko berbagai penyakit mematikan seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, dan penyakit paru. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh.

Jelaskan Akibat dari Kebiasaan Merokok

Ilustrasi Jelaskan akibat dari kebiasaan merokok, Sumber: Pexels/ahevr x
Ilustrasi Jelaskan akibat dari kebiasaan merokok, Sumber: Pexels/ahevr x

Mengutip dari buku Mengenal Rokok dan Bahayanya, Teddie Sukmana. A.Md, (2009), fakta telah membuktikan rokok membawa penderitaan manusia. Karena di dalam rokok terdapat nikotin, yang mana jika di tubuh banyak terdapat nikotin maka perokok mengalami banyak penyakit, seperti serangan jantung dan stroke.

Inilah jawaban lengkap jika diminta jelaskan akibat dari kebiasaan merokok.

1. Kanker Paru-Paru

Kebiasaan merokok meningkatkan risiko kanker paru-paru. CDC mencatat bahwa 90% kematian akibat kanker paru-paru disebabkan oleh merokok. Selain itu, dapat menyebabkan penyakit paru lainnya seperti emfisema dan bronkitis.

2. Serangan Jantung

Merokok tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif, tetapi juga bagi perokok pasif. Risiko serangan jantung meningkat, terutama jika disertai dengan gaya hidup tidak sehat.

3. Penyakit Asam Lambung

Merokok dapat memicu penyakit asam lambung (GERD), melemahkan otot pemisah lambung dan esofagus, serta meningkatkan risiko penyakit lambung lainnya.

4. Aneurisma Otak dan Stroke

Perokok, baik aktif maupun pasif, berisiko tinggi mengalami aneurisma otak dan stroke karena merokok dapat mengganggu fungsi otak dan pembuluh darah.

5. Penyakit Mata

Merokok meningkatkan risiko degenerasi makula pada orang tua, memengaruhi penglihatan. Pada penderita diabetes, merokok juga meningkatkan risiko retinopati diabetik.

6. Gangguan Kesehatan Mulut

Merokok dapat menyebabkan penyakit gusi dan gigi copot. Estetika gigi juga terpengaruh dengan perubahan warna menjadi kuning atau cokelat.

7. Gangguan Kesuburan

Merokok dapat menyebabkan infertilitas pada pria dan wanita. Pada pria, kualitas sperma menurun, meningkatkan risiko keguguran dan cacat lahir. Wanita perokok memiliki risiko menopause dini dan kesulitan hamil.

8. Penyakit Diabetes

Kandungan nikotin dalam rokok meningkatkan kadar gula darah dan dapat menyebabkan resistensi insulin, meningkatkan risiko diabetes.

9. Komplikasi Kehamilan

Wanita hamil yang merokok berisiko tinggi mengalami komplikasi seperti cacat lahir, keguguran, kelahiran prematur, dan sindrom kematian bayi mendadak.

10. Masalah Kulit dan Kuku

Merokok mempengaruhi kulit, menghambat asupan oksigen, memicu penuaan dini, dan meningkatkan risiko infeksi jamur pada kuku.

Baca juga: Nikotin, Zat Berbahaya yang Dapat Ditemukan pada Rokok Tembakau

Itulah penjelasan jika diminta jelaskan akibat dari kebiasaan merokok yang diterima manusia. Berhenti merokok bukan hanya keputusan bijak bagi kesehatan pribadi, tetapi juga merupakan hal penting dalam meningkatkan kualitas hidup. (RIZ)

Media files:
01hgmz1veb5gzfc72qj4q2q3cb.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar