Search This Blog

Beda dari Ganjar-Mahfud, Anies-Cak Imin Tak Singgung IKN di Visi Misi

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Beda dari Ganjar-Mahfud, Anies-Cak Imin Tak Singgung IKN di Visi Misi
Oct 22nd 2023, 11:01, by Nicha Muslimawati, kumparanBISNIS

Pasangan bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mendaftar sebagai kandidat Pilpres 2024 ke KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023). Foto: Dok. Istimewa
Pasangan bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mendaftar sebagai kandidat Pilpres 2024 ke KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023). Foto: Dok. Istimewa

Pasangan calon presiden dan wakil presiden, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), sama sekali tidak menyinggung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam visi misinya.

Berdasarkan penelusuran kumparan di dokumen visi misi Anies-Cak Imin sebanyak 148 halaman, tidak ditemukan kata kunci yang terkait dengan ibu kota negara maupun IKN Nusantara.

Hanya saja, pasangan yang diusung Koalisi Perubahan ini mencantumkan salah satu agenda misi pemerataan ekonomi, yaitu mewujudkan kota-kota unggulan sebagai pusat pertumbuhan untuk menekan ketimpangan antar kawasan.

Agenda misi tersebut termasuk dalam Misi 2 Mengentaskan Kemiskinan dengan Memperluas Kesempatan Berusaha dan Menciptakan Lapangan Kerja, Mewujudkan Upah Berkeadilan, Menjamin Kemajuan Ekonomi Berbasis Kemandirian dan Pemerataan, serta Mendukung Korporasi Indonesia Berhasil di Negeri Sendiri dan Bertumbuh di Kancah Global.

Sementara pada Misi 4 Membangun Kota dan Desa Berbasis Kawasan yang Manusiawi, Berkeadilan dan Saling Memajukan, Anies-Cak Imin juga tidak menyinggung soal IKN Nusantara.

Adapun agenda Misi 4 bertajuk "Kota yang Maju dan Berdaya Saing" yakni sebagai berikut:

- Menyediakan hunian layak, dekat pusat kota, dan dengan harga terjangkau bagi semua kalangan.

- Mewujudkan pemerataan pembangunan perkotaan yang manusiawi, kompak, berorientasi transit dan berketahanan, serta terintegrasi.

- Mewujudkan kota layak huni dengan pemenuhan infrastruktur dasar, sosial, dan ekologis.

- Mengakselerasi pengembangan sistem transportasi umum massal di kota-kota strategis

- Meningkatkan kesejahteraan dan menjaga nilai sosial budaya masyarakat kampung kota melalui penataan kampung

- Menjadikan kota sebagai inkubator kreativitas, ruang ekspresi, dan produsen karya seni/budaya dan olahraga

- Mengembangkan lingkungan hidup perkotaan yang sehat dan lestari dengan mengurangi emisi karbon dan sampah

- Merealisasikan potensi wisata perkotaan

- Memperkuat kinerja birokrasi melalui meritokrasi dan digitalisasi

Orasi kebangsaan Anies-Cak Imin di depan Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (18/10/2023). Foto: Luthfi Humam/kumparan
Orasi kebangsaan Anies-Cak Imin di depan Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (18/10/2023). Foto: Luthfi Humam/kumparan

Selain itu, Anies-Cak Imin juga akan menjadikan Jabodetabek sebagai pusat ekonomi dan bisnis berkelanjutan dan berskala global yang ditunjang dengan kemudahan berinvestasi, kelancaran mobilitas orang dan barang, kesiapan menghadapi banjir dan penurunan muka air tanah, serta pemenuhan infrastruktur dasar bagi warga, termasuk jaringan telekomunikasi dan informasi digital.

Secara umum dalam visi-misinya, Anies-Cak Imin akan menjadikan Kalimantan sebagai Tonggak Ekonomi Hijau, Beranda Indonesia yang Maju dan Asri. Ada sembilan program untuk mendorong ekonomi Kalimantan, di antaranya menjadikan Kalimantan sebagai contoh dunia dalam penerapan ekonomi hijau; sebagai lumbung energi terbarukan; memastikan seluruh kota dan desa Kalimantan teraliri listrik; perbaikan infrastruktur dan transportasi; hingga perbaikan lingkungan di Kalimantan.

Hal tersebut berbeda dengan visi misi lawannya, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, yang memastikan keberlanjutan pembangunan IKN Nusantara, proyek kebanggaan pemerintah Presiden Jokowi.

Ganjar-Mahfud mencantumkan pembangunan IKN dalam Misi Pembangunan Ekonomi Berdikari Berbasis Pengetahuan dan Nilai Tambah.

"Percepatan Penyelesaian IKN. Komitmen melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara secara bertahap hingga IKN menjadi titik keseimbangan baru keadilan pembangunan sekaligus simbol Indonesia yang futuristik," bunyi agenda misi Ganjar-Mahfud, dikutip kumparan, Minggu (22/10).

Media files:
01hd3fp32zhzkmcpdge0590x10.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts