Search This Blog

Hal-Hal yang Dipelajari dari Psikologi Sosial

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Hal-Hal yang Dipelajari dari Psikologi Sosial
Aug 5th 2023, 17:35, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Apa Yang Dipelajari Dari Psikologi Sosial, Foto: Unsplash/Nadezhda Fedrunova.
Ilustrasi Apa Yang Dipelajari Dari Psikologi Sosial, Foto: Unsplash/Nadezhda Fedrunova.

Psikologi sosial adalah ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku individu terhadap lingkungan sosial dan budayanya. Apa yang dipelajari dari psikologi sosial? Hal ini dipertanyakan banyak orang.

Dalam kehidupan sosial, ada kalanya kita berhubungan tidak baik dengan sesama manusia yang menimbulkan pertengkaran, perselisihan, pertikaian yang bisa terjadi di keluarga, masyarakat, teman, dan lingkungan sosial.

Pengertian Psikologi Sosial

Ilustrasi Apa Yang Dipelajari Dari Psikologi Sosial, Foto: Unsplash/IconicBestiary.
Ilustrasi Apa Yang Dipelajari Dari Psikologi Sosial, Foto: Unsplash/IconicBestiary.

Dikutip dari buku Pengantar Psikologi Sosial karya Imammul Insan, S.Psi., M.Si. (2020: 8), psikologi sosial secara sederhana berasal dari dua kata dan definisi yang berbeda. Psikologi berarti ilmu yang mempelajari tentang mental dan perilaku seseorang.

Sedangkan sosial berarti adanya interaksi di antara satu orang dengan orang lain dalam lingkup yang kecil (antar individu) maupun secara besar (antar kelompok) dalam kehidupan bermasyarakat.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa psikologi sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku individu dengan individu yang lainnya karena ada stimulus yang muncul untuk memenuhi kebutuhannya dalam bentuk interaksi.

Ruang Lingkup yang Dipelajari dari Psikologi Sosial

Ilustrasi Apa Yang Dipelajari Dari Psikologi Sosial, Foto: Unsplash/BRO Vector.
Ilustrasi Apa Yang Dipelajari Dari Psikologi Sosial, Foto: Unsplash/BRO Vector.

Suatu ilmu pasti ada batasan yang dipelajarinya. Begitu juga dengan psikologi sosial, karena merupakan bidang ilmu khusus dalam psikologi. Supaya bisa membatasi dengan bidang ilmu psikologi yang lain, harus ada objek studi yang menjadi karakteristiknya (ciri-ciri khusus).

Yang menjadi fokus objek untuk dipelajari dalam psikologi sosial terbatas perilaku individu yang muncul dalam lingkungan sosialnya. Psikologi sosial hanya mendalami perilaku yang muncul karena adanya rangsangan sosial dari lingkungan sekitarnya.

Apa saja hal-hal yang dipelajari dari psikologi sosial? Ada tiga ruang lingkup psikologi sosial, yaitu sebagai berikut:

  1. Psikologi sosial sebagai studi mengenai pengaruh sosial pada proses individu yang sudah dicontohkan, seperti studi tentang persepsi, harga diri, motivasi, hubungan interpersonal dan lainnya.

  2. Psikologi sosial sebagai studi mengenai proses-proses yang terjadi pada individu bersama, misalnya dalam komunikasi, kepemimpinan, sikap dan lain-lain.

  3. Psikologi sosial, studi mengenai interaksi di dalam kelompok, seperti prasangka, agresi, tingkah laku menolong dan lain-lain.

Dari ketiga penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa psikologi sosial merupakan bidang ilmu yang terfokus pada perilaku individu yang didasari oleh pengaruh sosial disebabkan karena adanya stimulus sosial yang ada.

Baca Juga: Pengaruh Orang Tua dan Lingkungan terhadap Sifat Seorang Anak

Demikian uraian mengenai apa saja yang dipelajari dari psikologi sosial. Psikologi sosial lebih mempelajari mengenai perilaku individu terhadap lingkungan dan budayanya. (Umi)

Media files:
01h71hxfhf3er4kq85w9zwkpzp.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar