Search This Blog

Sinonim Dislokasi dalam Tesaurus Bahasa Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sinonim Dislokasi dalam Tesaurus Bahasa Indonesia
Jul 30th 2023, 21:06, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sinonim Disolkasi, Foto: Unsplash/jpa1999.
Ilustrasi Sinonim Disolkasi, Foto: Unsplash/jpa1999.

Dislokasi adalah perubahan atau perpindahan lokasi. Dalam Bahasa Indonesia, dislokasi memiliki makna atau arti sama dengan kata lainnya yang disebut sinonim. Mempelajari sinonim dislokasi sangat penting untuk menambah referensi dan pengetahuan.

Dengan mengetahui lebih banyak sinonim, dapat menulis teks yang lebih bervariasi dan menarik. Kemampuan menggunakan variasi kata dalam tulisan akan membuat karya lebih menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Sinonim Dislokasi dalam Bahasa Indonesia

Ilustrasi Sinonim Disolkasi, Foto: Unsplash/Lobro78.
Ilustrasi Sinonim Disolkasi, Foto: Unsplash/Lobro78.

Sebelum membahas mengenai sinonim dislokasi, sebaiknya mengetahui artinya. Dislokasi adalah homonim karena maknanya memiliki ejaan dan lafal yang sama tetapi maknanya berbeda. Dislokasi ada dalam bidang kedokteran dan fisiologi, geografi dan geologi, serta militer dan linguistik.

Dikutip dari buku Anatomi & Fisiologi U.Ps, Evelyn C. Pearce (2020: 94), dalam kedokteran, dislokasi adalah pemisahan lengkap dari permukaan-permukaan yang disebabkan tertariknya kapsul. Dislokasi terjadi ketika ujung tulang di sendi keluar dari posisi normalnya di dalam cekungan atau soket yang seharusnya.

Dari pengertian tersebut dapat diketahui sinonim dislokasi adalah lukasi, perubahan atau pemindahan lokasi. Dalam Tesaurus Bahasa Indonesia, dislokasi memiliki makna yang sama:

  1. Perenggangan persendian pada patah tulang

  2. Pergeseran lapisan tanah karena gerakan tektonik

  3. Pemindahan atau penyebaran kesatuan militer dari suatu pangkalan atau pertahanan ke daerah lain

  4. Pemindahan unsur kalimat ke awal (sebagai topik) atau ke akhir kalimat (sebagai penegasan).

Contoh Kalimat Sinonim Dislokasi

Ilustrasi Sinonim Disolkasi, Foto: Unsplash/Lobro78.
Ilustrasi Sinonim Disolkasi, Foto: Unsplash/Lobro78.

Ada berbagai contoh penggunaan sinonim dislokasi dalam sebuah kalimat. Berikut di antaranya.

  1. "Pemain sepak bola mengalami dislokasi pada pergelangan kakinya setelah benturan dengan pemain lawan." Sinonim: "Pemain sepak bola mengalami luksasi pada pergelangan kakinya setelah benturan dengan pemain lawan."

  2. "Akibat kecelakaan mobil yang parah, korban mengalami dislokasi pada tulang lehernya." Sinonim: "Akibat kecelakaan mobil yang parah, korban mengalami luksasi pada tulang lehernya."

  3. "Setelah kejadian itu, dokter mengidentifikasi bahwa pasien menderita dislokasi pada bahunya." Sinonim: "Setelah kejadian itu, dokter mengidentifikasi bahwa pasien menderita luksasi pada bahunya."

  4. "Benturan keras di area siku dapat menyebabkan dislokasi tulang dan kerusakan pada ligamen." Sinonim: "Benturan keras di area siku dapat menyebabkan luksasi tulang dan kerusakan pada ligamen."

Baca Juga: Sinonim Generik dan Kumpulan Sinonim Bahasa Indonesia untuk Persiapan Tes Verbal

Demikian uraian mengenai sinonim dislokasi dan contoh kalimatnya. Kedua istilah "dislokasi" dan "luksasi" digunakan secara sinonim untuk merujuk pada kondisi medis di mana sendi mengalami pergeseran atau perpindahan dari posisi normalnya. (Umi)

Media files:
01h6genxjrxdxx9qeekd18fy9n.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar