Search This Blog

Mengenal Fungsi Atrium Kanan dan Bagian Jantung Lainnya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengenal Fungsi Atrium Kanan dan Bagian Jantung Lainnya
Jul 29th 2023, 19:47, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Fungsi Atrium Kanan. Sumber: Unsplash/Robina Weermeijer
Ilustrasi Fungsi Atrium Kanan. Sumber: Unsplash/Robina Weermeijer

Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia, yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Organ ini memiliki beberapa bagian atau ruangan, salah satunya adalah atrium kanan. Apa fungsi atrium kanan?

Setiap ruangan pada jantung memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi tersebut bisa dipelajari agar semakin mengenal organ jantung dan bisa menjaganya dengan lebih baik.

Mengenal Fungsi Atrium Kanan

Ilustrasi Fungsi Atrium Kanan. Sumber: Unsplash/Robina Weermeijer
Ilustrasi Fungsi Atrium Kanan. Sumber: Unsplash/Robina Weermeijer

Dikutip dari IPA Terpadu SMP dan MTs Jilid 2A untuk Kelas VIII Semester 1, Abdullah, dkk (2007:129), sistem peredaran darah pada manusia terdiri atas jantung dan pembuluh darah. Jantung manusia berada di dalam rongga dada sebelah kiri, di atas diafragma.

Jantung memiliki peran sangat penting bagi manusia, yakni berfungsi sebagai alat pemompa darah ke seluruh tubuh. Dari jantung, darah dialirkan ke pembuluh-pembuluh darah ke seluruh bagian tubuh. Pada bagian luar jantung terdapat selaput, yaitu perikardium.

Jantung dibagi menjadi empat ruangan, yakni serambi kiri (atrium kiri), serambi kanan (atrium kanan), bilik kiri (ventrikel kiri), dan bilik kanan (ventrikel kanan). Apa fungsi atrium kanan? Atrium terletak di dua ruangan atas pada organ jantung.

Jantung memiliki dua atrium, yaitu atrium kanan dan atrium kiri. Atrium kanan berfungsi untuk menerima darah yang mengandung karbondioksida dari seluruh tubuh dan membawa darah tersebut ke ventrikel kanan.

Adapun atrium kiri berfungsi untuk menerima darah yang mengandung oksigen dari paru-paru dan menyalurkannya ke ventrikel kiri.

Fungsi Bagian-Bagian Jantung Lainnya

Ilustrasi Fungsi Atrium Kanan. Sumber: Unsplash/Jesse Orrico
Ilustrasi Fungsi Atrium Kanan. Sumber: Unsplash/Jesse Orrico

Selain atrium kanan dan kiri, jantung juga memiliki beberapa bagian lain yang juga sama pentingnya. Berikut adalah penjelasan tentang beberapa bagian jantung dan fungsinya.

1. Bilik (Ventrikel)

Ventrikel adalah dua ruangan pada jantung. Ventrikel atau bilik dibagi menjadi bilik kiri dan bilik kanan. Fungsi bilik jantung adalah untuk menerima darah dari atrium dan membawanya keluar dari jantung.

Fungsi bilik kanan adalah untuk menerima darah yang berasal dari serambi kanan dan membawanya ke paru-paru. Sedangkan, bilik kiri berfungsi untuk menerima darah yang berasal dari serambi kiri dan membawanya ke seluruh tubuh.

2. Dinding Jantung

Dinding jantung merupakan bagian jantung paling luar dari organ ini. Terdapat tiga lapisan dinding jantung, yaitu endokardium, miokardium, dan epikardium. Fungsi bagian ini adalah untuk membuat jantung berdetak.

3. Aorta

Aorta merupakan arteri terbesar yang ada di dalam tubuh manusia. Aorta terletak di atas jantung. Bagian ini berfungsi untuk membawa darah yang mengandung oksigen yang berasal dari ventrikel kiri ke seluruh tubuh.

Baca juga: Fungsi Organ Paru-paru Selain untuk Ekskresi

Jadi, fungsi atrium kanan adalah untuk menerima darah yang mengandung karbondioksida dari seluruh tubuh dan membawa darah tersebut ke ventrikel kanan. (KRIS)

Media files:
01h6gf0vvj7gnnn1w8mt3eqwsm.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar