Search This Blog

Jenis Ancaman, Bentuk Strategi, Indikator Keberhasilan Integrasi Nasional

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jenis Ancaman, Bentuk Strategi, Indikator Keberhasilan Integrasi Nasional
Jul 30th 2023, 20:21, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jenis ancaman bentuk strategi indikator keberhasilan - Sumber: pixabay.com/mufidpwt
Ilustrasi jenis ancaman bentuk strategi indikator keberhasilan - Sumber: pixabay.com/mufidpwt

Pertanyaan berbunyi jenis ancaman, bentuk strategi, indikator keberhasilan adalah tugas PPKN untuk siswa. Tepatnya pada materi Tugas Mandiri PPKN kelas XI semester 2 bab 7. Indikator yang ada di pertanyaan tersebut adalah untuk ukuran bangsa Indonesia.

Ancaman terhadap integrasi nasional Indonesia dapat berasal dari berbagai sumber. Baik internal maupun eksternal. Mulai dari adanya perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), dan masih banyak lagi.

Jenis Ancaman, Bentuk Strategi, Indikator Keberhasilan Bangsa Indonesia Menghadapi Integrasi Nasional

Ilustrasi jenis ancaman bentuk strategi indikator keberhasilan - Sumber: pixabay.com/mufidpwt
Ilustrasi jenis ancaman bentuk strategi indikator keberhasilan - Sumber: pixabay.com/mufidpwt

Integrasi nasional adalah proses atau upaya untuk menyatukan beragam suku, agama, ras, dan budaya yang ada dalam suatu negara. Dilakukan agar tercipta kesatuan, persatuan, dan keserasian dalam kehidupan masyarakat.

Berdasarkan buku Pendidikan Kewarganegaraan, Minto Rahayu, Gramedia Pustaka Utama, 2007, tujuan dari integrasi nasional adalah menciptakan rasa bangsa dan identitas nasional yang kuat. Bangsa yang mengedepankan semangat kebersamaan dan cinta tanah air.

Dalam menghadapi ancaman integrasi nasional, pemerintah dan seluruh masyarakat perlu mengadopsi berbagai strategi. Berikut penjelasan mengenai jenis ancaman, bentuk strategi, indikator keberhasilan bangsa Indonesia menghadapi integrasi nasional.

1. Ancaman Militer

  • Strategi: Menerapkan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata)

  • Indikator keberhasilan: Keamanan di wilayah Indonesia relatif terkendali, dikarenakan adanya kerjasama yang erat antara TNI/Polri dengan rakyat.

2. Ancaman Bermuatan Ideologi

  • Strategi: Menerapkan sistem upacara pancasila kepada rakyat semesta

  • Indikator keberhasilan: Tingkat kerukunan dan toleransi antarumat beragama dan suku bangsa. Serta penurunan kasus intoleransi atau konflik sosial yang berakar pada perbedaan ideologi.

3. Ancaman Bermuatan Politik

  • Strategi: Menerapkan sistem pemerintahan indonesia terhadap seluruh rakyat indonesia

  • Indikator keberhasilan: Kemampuan Indonesia untuk mempertahankan kemandirian dan kedaulatan negara dari tekanan atau campur tangan pihak asing yang dapat memengaruhi kebijakan politik dalam negeri.

4. Ancaman Bermuatan Ekonomi

  • Strategi: Menerapkan sistem sumber daya alam yang ada di indonesia dengan memaksimalkan pemanfaatan dan pengolahannya

  • Indikator keberhasilan: Keberhasilan dalam menjaga stabilitas ekonomi negara, termasuk tingkat inflasi yang terkendali, nilai tukar yang stabil, dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

5. Ancaman Bermuatan Sosial Budaya

  • Strategi: Menerapkan pendekatan multikultural dalam sistem pendidikan untuk mengajarkan nilai-nilai toleransi. Menghargai keberagaman, dan memahami berbagai budaya yang ada di Indonesia.

  • Indikator keberhasilan: Peningkatan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai nasionalisme dan persatuan, serta menghargai keanekaragaman budaya sebagai bagian dari identitas bangsa.

Baca Juga: Pembahasan Pengertian Integrasi Nasional Menurut ICCE

Itu tadi ulasan mengenai jenis ancaman, bentuk strategi, indikator keberhasilan bangsa Indonesia menghadapi integrasi nasional. Dengan adopsi strategi yang tepat dan pemantauan terhadap indikator keberhasilan, bangsa Indonesia dapat mencapai tujuan integrasi nasional. (DNR)

Media files:
01h6jsp2kqr46wv9r2k2kqek9j.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar